website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 26 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 26 February 2024 | 12:49:37 WIB

Temukan Dugaan Modus Pungli PPDB dibeberapa SMAN di Bogor, SBI Minta Satgas Saber Pungli Tindak Tegas Oknum Tersebut

Bogor | detikNews – Ramai dan mencuatnya kasus dugaan mengotak-atik nilai raport yang dilakukan oleh salah satu SMP Swasta di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, dengan tujuan agar siswa yang baru lulus (alumni-red) dari SMP Swasta tersebut, diterima atau lolos seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dari jalur prestasi nilai raport pada beberapa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Hal tersebut menuai kecaman keras dan banyak membuat pihak merasa geram, seperti yang diungkapkan Sahabat Bhayangkara Indonesia (SBI).

Agung Sulistyo selaku salah satu Pimpinan SBI mengatakan, dari hasil investigasi yang dilakukan oleh tim SBI di lapangan, mendapatkan hasil pengumuman seleksi PPDB yang mayoritas asal sekolah pendaftar berasal dari SMP swasta tersebut.

Baca juga:  Mobil Boks Terbalik di Tol Jagorawi Menuju Bogor Akibat Pecah Ban

Tidak tanggung-tanggung, selain SMAN favorit yang menjadi incaran atau request dari alumni SMP swasta tersebut berhasil memonopoli sebanyak 65 bangku sekolah diantaranya :
– 17 bangku di SMAN 1 Cibinong.
– 30 bangku di SMAN 2 Cibinong, dan
– 18 bangku di SMAN 3 Cibinong.

“Ini kan aneh bin ajaib, masa iya hampir dari seluruh kuota jalur prestasi nilai raport diisi oleh SMP swasta tersebut. Apalagi di tahun-tahun sebelumnya boleh dikatakan dari Sekolah tersebut nyaris alumninya tidak ada yang mendaftar PPDB SMAN dari jalur prestasi raport. Bahkan di Yayasan Sekolah Swasta tersebut ada juga jenjang SMA-nya, kenapa tiba-tiba tahun ini berbondong -bondong mendaftar ke SMA lain? ini kan aneh”, ucapnya, Kamis 21/7/2022.

Baca juga:  Polisi Berhasil Amankan Seorang Pelaku Aksi Pencurian di PT.Lifelon Jaya Parung Panjang Bogor

Lebih jauh Agung Sulistyo menambahkan, bahwa sekolah sederajat SMP yang notabene-nya SMP negeri, dan merupakan sekolah favorit banyak alumninya yang tidak diterima atau lolos seleksi jalur prestasi nilai raport.

“Janganlah, karena adanya permainan oknum tertentu sehingga mengorbankan alumni SMPN yang notabene-nya memang berprestasi, apalagi pendidikan adalah hak anak bangsa”, sesalnya.

Baca juga:  Wakil Walikota Depok Do'akan Alvy Al Khalifi Aufaa Menjadi Juara di IMCS dan IMWIC 2023 Singapura - Malaysia

Dirinya mengaku, secara khusus sudah melaporkan dugaan pungli dengan modus operandi baru ini (otak-atik nilai rapor-red) yang terjadi di PPDB SMAN tahun ini kepada Satgas Saber Pungli RI.

“Iya, saya sudah melaporkan hal ini kepada Sekretaris Satgas Saber Pungli RI, Bapak. Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul, dan beliau berjanji akan segera memerintahkan jajaran Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Propinsi Jawa Barat untuk menyelidiki informasi dan data yang kami sampaikan”, pungkasnya.(Amanah/Ar)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait