website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 28 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 28 March 2024 | 17:10:21 WIB

Terapkan Sistem Managemen Bisnis Profesional, GENPRO Siap Tingkatkan Cetak Pebisnis Handal

Depok | detikNews – Perkumpulan Bisnis Global Entrepreuner Profesional (GENPRO) Chapter Depok, kembali menggelar Orientasi Genpro dan Diklat Kepemimpinan Manajemen Organisasi yang dikhususkan kepada pengurus dan relawan Genpro Chapter Depok.

Kegiatan yang dihadiri sebanyak 32 peserta tersebut akan dilakukan secara rutin, tiga bulan sekali di Graha Genpro Depok Grand Depok City, Jalan Boulevard, Ruko Anggrek 1 No.15, Kelurahan Titajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, guna menguatkan, melayani dan mensejahterakan para pengurus serta relawan Genpro Chapter Depok.

Rangkaian acara dimulai pukul 08.00 WIB, Tadabbur Omey Mars Genpro, yang kemudian Panel Presiden, dan dilanjutkan dengan pemaparan-pemaparan materi dari Narasumber.

Presiden Genpro Chapter Depok, Setyo Sudiono mengatakan, sesuai dengan temanya, giat ini dilaksanakan untuk menguatkan, melayani dan mensejahterakan para pengurus, relawan maupun anggota/member Genpro.

“Kita ingin menciptakan member-member yang berkualitas dan berkapasitas, maka harus tercipta dulu penguatan para pengurus, relawan yang kemudian akan dapat melayani dengan baik hingga akhirnya mensejahterakan para anggota”, tutur Mas Tio sapaannya didampingi para Pembina Genpro, Aris Permana, Jum’at, 16/12/2022.

Baca juga:  Ribuan Jerigen Penuhi Sekretariat K2S, Terkuak Ternyata ini Alasannya

Kalau pengurusan, lanjutnya, sudah pasti terikat dengan organisasi dan job descriptions. Sedangkan relawan, adalah orang-orang yang siap membantu koordinasi dan update dilapangan.

“Nantinya pengurus dan relawan ini akan saling berkerjasama sehingga dapat mengoptimalisasi kinerja, termasuk mengupdate informasi-informasi terbaru”, jelasnya.

Lebih rinci dia katakan, saat ini keanggotaan Genpro Depok kurang lebih ada 265 member. Fokus 265 member tersebutlah yang saat ini benar-benar diberikan pembinaan dan pembimbingan, agar menjadi UMKM yang berkualitas dan berkapasitas. Sehingga tidak hanya memasarkan produknya dilingkup lokal saja, namun dapat mengeksporkan produknya ke luar negeri hingga ke mancanegara.

“Alhamdulillah, banyak juga para UMKM yang ingin mendaftarkan dirinya di Genpro. Namun, saat ini kita tunda dulu, bukan menolak tapi menahan. Karena kita sedang fokus dengan 265 member untuk kita jadikan UMKM yang berkualitas”, bebernya.

Baca juga:  Pemkot Tangerang Dorong Ketahanan Pangan, Panen Bersama Kelompok Tani Jantan

Sementara itu Pembina Genpro, H Aris menuturkan, bahwa di Genpro pihaknya ingin memperkuat di dalam manajemen bisnisnya, yakni memperbaiki satu persatu dari intinya usaha itu, jadi tidak hanya sekedar berjualan saja.

“Kita ingin membangun sistemnya, salah satunya adalah merubah mindset para UMKM. Untuk prosesnya memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, jika benar-benar serius mau belajar, Insyaallah hasil dari usaha tersebut akan jauh lebih maksimal”, ungkap Aris.

Di kesempatan yang sama, kepada detikNews.co.id, salah seorang member Genpro Chapter Depok, Ibu Nur Rakhmawati, pemilik brand Donat Kentang Susu Haqy menceritakan secara singkat grafik omsetnya semenjak bergabung di Genpro Chapter Depok.

Baca juga:  Suara Protes dari Pelaku Industri: Kritik Tajam terhadap Rancangan Pajak Kripto Baru di Amerika Serikat

“Saya bergabung di Genpro sudah enam tahun, usaha saya berjualan donat. Alhamdulillah, semenjak saya benar-benar fokus pada sistem manajemen bisnis yang diberikan oleh mentor-mentor Genpro, sekarang usaha omset usaha saya perharinya memproduksi 4000 donat kentang, dan naik omzetnya dari tahun ke tahun”, ujar Nur Rakhmawati yang biasa di sapa ibu Wati.

“Saat Pandemi Covid-19, omsetnya justru sangat meningkat yakni tujuh ribu donat perharinya”, tambahnya.

Dia mengungkapkan, berjualan itu tidak hanya sekedar berjualan saja, tapi harus mempelajari juga manajemen bisnisnya, karena dengan manajemen bisnis yang baik, maka peningkatan omset penjualan pun akan jauh lebih baik lagi.

“Saya sangat bersyukur bergabung di Genpro, alhamdulillah saat ini saya sudah memiliki 13 karyawan yang membantu saya dalam memajukan usaha donat kentang susu Haqy”, tutur warga Kecamatan Beji ini. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait