website statistics
23.4 C
Indonesia
Mon, 24 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Monday, 24 June 2024 | 23:32:44 WIB

Tim Gempur Bergerak, Belasan Warga Terciduk Buang Sampah Sembarangan

Depok | detikNews – Tim Gerakan Pemburu Sampah Liar (Gempur) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, kembali melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) untuk menangkap para pelaku pembuang sampah liar. Dalam operasi kali ini, sebanyak 11 orang berhasil diamankan karena kedapatan membuang sampah sembarangan.

Kepala DLHK Kota Depok, Abdul Rahman, mengatakan bahwa pihaknya secara rutin menggelar OTT untuk menindak para pembuang sampah liar. Namun, masih saja terdapat masyarakat yang tidak disiplin dalam hal membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu, pengawasan di titik-titik rawan pembuangan sampah liar terus diperketat.

Baca juga:  Memperkuat Layanan Baca di Kota Depok, Kadiskarpus Ungkapkan Ini

“Kita tidak bisa setiap hari melakukan pengawasan terus-menerus. Maka dari itu, dengan dukungan masyarakat, kami melakukan langkah represif melalui OTT,” ujar Abdul Rahman dikutip pada Selasa (11/06/2024)

Dari hasil operasi tersebut, lanjut Abdul Rahman, yang akrab disapa Abra, terdapat 11 orang yang tertangkap dan saat ini sedang dalam proses hukum untuk mengikuti sidang tindak pidana ringan.

DLHK Kota Depok akan bekerja sama dengan Satpol PP Kota Depok dalam menangani kasus-kasus tindak pidana ringan ini.

Baca juga:  Kota Depok Mengirim 1660 Calhaj ke Mekkah di Tahun Ini

Abra juga menjelaskan, jadwal OTT telah disusun untuk dilaksanakan di seluruh Kecamatan dan Kelurahan yang menjadi titik rawan pembuangan sampah liar. Dia menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam membantu pengawasan, khususnya dengan adanya CCTV di lokasi-lokasi strategis. DLHK berkomitmen untuk melaksanakan operasi ini secara rutin dan terukur.

“Kami sangat membutuhkan peran serta masyarakat, terutama jika ada CCTV di lokasi rawan. Kami akan terus melakukan operasi ini secara rutin dan terukur,” tambahnya.

Selain itu, Abra mengimbau masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan mengikuti prosedur pembuangan sampah yang berlaku di lingkungan masing-masing. Dia juga mengajak masyarakat untuk memilah sampah dan berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga:  Menjaga Kebersihan Lingkungan: Tim Satgas DPUPR Kota Depok Bersihkan Tumbuhan Liar di Sempadan KCB Grogol

“Semua harus berkorban dan disiplin. Ada iuran untuk pengumpulan sampah kepada RT, tukang gerobak, dan lainnya. Tolong dipatuhi aturan ini,” tegasnya.

Abra menekankan agar masyarakat tidak menghindari iuran dengan cara membuang sampah sembarangan di jalan atau sungai. “Jangan sampai karena tidak mau membayar iuran, malah membuang sampah di jalan dan sungai,” tutupnya. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait