website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 4:25:28 WIB

Tragedi Polisi Tembak Polisi, PN Cibinong Gelar Sidang Perdana

Cibinong | detikNews – Pengadilan Negeri (PN) Cibinong, Kabupaten Bogor mengelar sidang perdana kasus polisi tembak polisi yang merenggut nyawa Bripda IDF. Sidang perdana ini dibuka untuk umum, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyaksikan jalannya proses hukum yang berkaitan dengan insiden tragis tersebut, Kamis (04/01/2023)

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor menetapkan Ifan Muhammad Saifoulah dan Iqbal Gilang Dewangga sebagai terdakwa dalam kasus ini. Pasal pembunuhan dan penggunaan senjata diterapkan terhadap keduanya, yang diatur dalam pasal 338 KUHP dan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

Baca juga:  Polisi Berhasil Amankan Seorang Pelaku Aksi Pencurian di PT.Lifelon Jaya Parung Panjang Bogor

Pada sidang perdana yang digelar di ruang sidang Purwoto Gandasubrata, JPU membacakan dakwaan yang menyatakan bahwa perbuatan terdakwa sejalan dengan ketentuan hukum yang diatur dalam Pasal 338 KUHP. JPU juga menekankan bahwa tindakan kedua terdakwa dapat dikategorikan sebagai perbuatan melanggar hukum yang menyebabkan kematian, sebagaimana diuraikan dalam Pasal 359 KUHP.

Baca juga:  KPK Deteksi Perintangan Penyidikan Kasus Korupsi Bupati Mamberamo Tengah Nonaktif Ricky Ham Pagawak

“Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dengan Pasal 338 KUHP, atau kedua perbuatan terdakwa sebagaimana kesalahannya menyebabkan orang lain mati sebagaimana diuraikan dalam surat dakwaan kedua, perbuatan terdakwa diatur dalam 359 KUHP,” ungkap JPU

Sementara itu, tim Kuasa Hukum yang mewakili Ifan Muhammad Saifoulah dan Iqbal Gilang Dewangga menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang mengakibatkan kehilangan nyawa Bripda IDF.

Baca juga:  Peresmian KEK MNC Lido City oleh Bamsoet: Tempat Relaksasi Pikiran dan Tubuh

“Kami mengikuti semua proses hukum yang berlaku dan menghormati apapun putusannya,” ujar Jonny Simanullang, SH, selaku Ketua Tim LBH

“Kita serahkan semua kepada pihak penegak hukum,” pungkasnya. (edh/za)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait