website statistics
28.4 C
Indonesia
Wed, 28 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Wednesday, 28 February 2024 | 17:37:06 WIB

Tuan Rumah Pelaksana Hut Sultra Ke 58 Tahun dan Napak Tilas Oputa Yi Koo di Kota Baubau

Reporter: Nanda N

Baubau | detikNews – Pemprov (Pemerintah Provinsi) Sulawesi Tenggara tunjuk Kota Baubau untuk melaksanakan Hut Sultra Ke 58 Tahun dan napak tilas Oputa Yi Koo pada 22 hingga 28 Mei 2022 selama tujuh hari.

Hal itu diungkapkan Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse. Sehingga, untuk menyukseskan dua hajatan tersebut, pihaknya telah melakukan rapat persiapan.

Monianse mengatakan, secara umum, beberapa tempat yang telah ditunjuk Pemprov Sultra untuk dijadikan lokasi kegiatan sudah siapkan. Tinggal menunggu panitia Provinsi melihat lansung kondisi lapangan, sehingga jika masih ada hal kurang dan perlu perhatian Pemkot Baubau, maka akan segera diperbaiki.

Baca juga:  Kecelakaan Mobil di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Menimbulkan 3 Orang Luka Berat Akibat 'Adu Banteng'

“Pada prinsipnya kami persiapannya pada bagian teknis, misalnya angka kunjungan pada saat ulang tahun itu pasti banyak, berada di satu lokasi tertentu di Kotamara. Tentu hal yang perlu kami siapkan antara lain bagaimana pengaturan lalu lintas, keamanan kenyamanan pengunjung, ketersediaan toilet mobile dan toilet-toilet lainnya. Karena ini menyangkut tentang kenyamanan, termasuk bagaimana menyiapkan lapangan, kebersihannya dan ketersediaan tribun yang bisa digunakan untuk didekor oleh panitia Provinsi. Jadi kita berperan pada urusan yang lokal saja,” ungkap Monianse kepada media ini, Jumat(22/4/2022).

Baca juga:  Perwakilan Pemuda Sembilan Negara Kunjungi Depok untuk Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia

Monianse mengatakan, selain napak tilas Pahlawan Nasional Sultan Himayatudin atau Oputa Yi Koo yang menjadi rangkaian peringatan HUT Sultra, juga terdapat 24 rangkaian kegiatan berupa lomba-lomba yang melibatkan semua jenis umur.

Ia menyebut, 24 lomba tersebut diantaranya lomba mewarnai untuk anak-anak, lomba pembuatan video untuk para penggiat konten kreatif, cerdas cermat online, bercerita online, lomba kabanti, lomba pidato kepahlawanan, lomba monolog story telling, dan pentas seni drama musical.

Baca juga:  Menggandeng Penggerak Seni dan Kebudayaan, Sekda Depok Mengajak Optimalisasi Infrastruktur yang Tersedia

Selain itu juga ada lomba bernyayi solo, senam kreasi, lomba perahu hias, edukasi, buku cerita bergambar, lomba vlog, foto konten, foto kontes, lomba video kontes, foto jurnal, lomba animasi, lomba dekorasi, puisi online, dan nitizen update.

Menurut Monianse, dari sekian jenis lomba yang akan digelar itu, sebenarnya dimaksudkan untuk mengukuhkan Kota Baubau sebagai Kota Smart dengan memanfaatkan internet sebagai basis kegiatannya. (Nanda N)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait