website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 22:49:44 WIB

Tukang Gali Kubur Temukan Ratusan Amunisi Aktif di Pemakaman Umum Plemahan, Jatim

Jawa Timur | detikNews – Seorang tukang gali kubur di Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim) mengalami kejadian yang mengejutkan saat menemukan ratusan amunisi di tempat pemakaman umum di Dusun Kaliawen Timur, Desa Ngino, Plemahan. Bersama dengan dua temannya, Ponidi (55) sedang menggali kubur untuk seseorang yang baru saja meninggal.

Ketika Ponidi sedang menggali pada kedalaman sekitar 30 sentimeter, dia menemukan sebuah benda logam yang ternyata adalah amunisi. Setelah menggali lebih dalam, Ponidi menemukan kotak kayu yang sudah lapuk dan berisi ratusan amunisi yang diduga masih aktif. Selain itu, ditemukan pula sebuah senjata mesin berat.

Baca juga:  Mikrotrans: Pengertian dan Peran sebagai Bagian Integral Sistem JakLingko Menurut Kadishub DKI Jakarta yang Menjadi Sorotan di Media Sosial

Mendapat laporan dari perangkat Desa, Kapolsek Plemahan AKP Anwar Iskandar segera menuju ke lokasi kejadian. Total terdapat sekitar 200 butir amunisi yang berhasil diamankan dan diserahkan ke Polsek Plemahan.

“Karena ada orang meninggal ketiga saksi ini menggali kubur. Salah satu dari ketiga saksi yakni Ponidi tukang gali kubur menggali makam terlebih dahulu”, ucap Anwar, Senin (13/3/2023).

Baca juga:  Keuchik di Pidie Jaya Ditemukan Tidak Bernyawa dan Tergantung di Pohon

“Penasaran, Ponidi kembali menggali lebih dalam. Tidak lama kemudian Ponidi menemukan satu kotak kayu yang sudah lapuk berisi ratusan amunisi. Selain itu juga ditemukan satu senjata mesin berat”, terang Anwar.

“Untuk total sekitar 200 butir lebih amunisi”, jelas Anwar.

Kejadian ini tentu saja cukup mengkhawatirkan, terutama jika amunisi tersebut masih aktif dan berpotensi membahayakan orang di sekitarnya. Hal ini menunjukkan pentingnya peran masyarakat untuk membantu mengawasi lingkungan sekitarnya, termasuk di tempat – tempat yang seharusnya aman seperti tempat pemakaman umum.

Baca juga:  56,213 Kendaraan Meninggalkan Jakarta di H-7 Lebaran 2023: Kisah Arus Lalu Lintas di Jalan Tol Trans Jawa

Kita patut berterima kasih pada Ponidi dan dua temannya yang tidak hanya melakukan tugasnya sebagai tukang gali kubur dengan baik, tetapi juga memiliki kepedulian untuk melaporkan temuan mereka ke pihak berwenang. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat dapat berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di sekitarnya.(Arf)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait