website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 9:29:43 WIB

Unik…!!! Daun Jati Jadi Media Pembungkus Daging, Pemkab Asahan Sembelih 126 Hewan Qurban, Ini Beritanya…!!!

Reporter: Joko Hendarto

Asahan | detikNews – Ada yang unik dan tak biasa dalam momentum menyambut hari raya Idul Adha 1443 H / 2022 M kali ini, Pemerintah Kabupaten Asahan menyembelih 126 hewan Qurban dan membagikannya mempergunakan media pembungkus daging qurban dengan memakai daun Jati atau daun sejenisnya.

Bupati dan Wakil Bupati Asahan saat meninjau stand penyembelihan Dinas LH
Bupati dan Wakil Bupati Asahan saat meninjau stand penyembelihan Dinas LH

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M, Pemerintah Kabupaten Asahan melaksanakan penyembelihan hewan Qurban dengan memfokuskan disatu tempat lokasi. Dikarenakan adanya wabah pandemi Covid – 19 yang melanda tanah air, 2 tahun sebelumnya penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di setiap OPD masing – masing.

Pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban tahun ini dapat dilaksanakan karena Kabupaten Asahan telah berada pada PPKM level 1, walaupun begitu dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban harus tetap mematuhi prokes Covid – 19 “, pesan Bupati Asahan H Surya B,Sc, Minggu ( 10/09/2022 ) pukul 10.00 Wib bertempat di Alun Alun Rambate Rata Raya Kisaran yang menjadi lokasi tempat penyembelihan hewan qurban.

Baca juga:  Polrestabes Surabaya Siap Menjaga Keamanan dan Kesiapan Tiga Lapangan Menuju Piala Dunia U-20

Jumlah hewan Qurban yang akan disembelih sebanyak 126 ekor yang terdiri dari 101 ekor sapi dan 25 ekor kambing. Hewan Qurban tersebut berasal dari Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan,OPD,Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kecamatan Kota Kisaran Timur serta BKM Mesjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Asahan juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Asahan agar terbiasa menggunakan daun sebagai wadah untuk pembungkus aneka makanan. Sehingga petani daun jati dan pisang di kabupaten Asahan dapat meningkatkan taraf perekonomiannya dan kita juga ikut serta menjaga kelestarian bumi dari pemanasan global.

Baca juga:  Sekertaris Ansor Wilayah Banjarmasin Hadiri Penyembelihan Hewan Qurban

Tak lupa Bupati Asahan H.Surya B,Sc mengucapkan ” Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H, bersihkan lingkungan, sucikan hati, mohon maaf lahir dan bathin. Biru Langitku Hijau Bumiku”, ujar Bupati Asahan mengakhiri sambutannya.

 Kadis Linkungan Hidup Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar
Kadis Linkungan Hidup Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar, S.Sos, M,Si saat berada di stand penyembelihan qurban dinas lingkungan hidup menjelaskan,” sesuai dengan himbauan Bupati Asahan agar menggunakan media daun jati atau daun sejenisnya dalam membungkus daging hewan qurban, media pembungkus dari daun jati dan daun sejenisnya ini tujuannya adalah untuk meminimalisir sampah plastik yang jelas akan merugikan lingkungan sekitarnya.

Baca juga:  Instruksi Dirjen Polpum Kemendagri Semarak HUT Kemerdekaan RI ke 77, Pemkab Asahan Bagikan 10.000 Bendera Merah Putih ke Masyarakat

Himbauan penggunaan media pembungkus daun jati atau sejenisnya ini sesuai dengan adanya surat edaran dari Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jendral Pengolahan Sampah Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Nomor S. 403/PSLB3/PUS/PLB.2./6/2022 tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M “, terang Rahmad Hidayat mengakhiri pembicaraanya. (JH)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait