website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 15:53:01 WIB

Inovasi Terbaru BPBD DKI Jakarta Pasca Ditangguhkan Akun Twitter: Langkah Konkret untuk Meningkatkan Kinerja dan Pelayanan

Jakarta | detikNews – Akun Twitter resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, @BPBDJakarta, telah ditangguhkan karena alasan yang tidak diketahui. BPBD DKI saat ini sedang berupaya memulihkan akun Twitter tersebut, namun belum jelas kapan akun tersebut disuspend.

Hingga Senin (17/4/2023) pukul 21.11 WIB, akun Twitter @BPBDJakarta masih belum bisa diakses. Akun tersebut mengindikasikan bahwa itu ditangguhkan karena melanggar aturan Twitter.

Kepala Bidang Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang membenarkan penangguhan akun Twitter @BPBDJakarta. Michael mengatakan, saat ini tim IT di BPBD sedang bekerja untuk memulihkan akun tersebut.

Baca juga:  Lurah Soleh Mengapresiasi Peran Aktif Warga RW 15 dalam Bersihkan Drainase secara Kolaboratif

“Iya betul akunnya disuspend sementara, dan kami usahakan secepatnya untuk pulihkan,” kata Michael, Senin (17/4).

Michael mengaku tidak mengetahui alasan di balik penangguhan akun tersebut. Akun @BPBDJakarta kerap digunakan untuk menyebarluaskan informasi seputar bencana di Jakarta, mulai dari banjir hingga tanah longsor.

“Belum tahu penyebabnya. Terjadi begitu saja,” ujarnya.

Michael juga menegaskan bahwa saat ini belum ada akun Twitter pengganti karena proses pemulihan sedang berlangsung. Untuk saat ini, informasi terkait kebencanaan akan disampaikan melalui akun media sosial BPBD lainnya seperti Facebook dan Instagram (IG).

Baca juga:  Razia Polisi di Kawasan Bogor Timur, Sejumlah Tempat Hiburan Malam Disidak dan Botol Miras Disita Selama Ramadan

“Untuk saat ini belum ada akun Twitter pengganti. Informasi kebencanaan akan terus disampaikan melalui IG Story dan Facebook BPBD,” imbuhnya.

Beberapa tahun lalu, akun Twitter @BPBDJakarta diretas. Saat itu, foto akun tersebut diganti dengan gambar karakter SpongeBob SquarePants Squidward.

“Ya, diretas pada pukul 10.41 WIB. Kami sedang memperbaikinya,” kata Kepala BPBD DKI Jakarta, Denny Wahyu Haryanto saat dihubungi detikcom, Minggu (2/10/2016).

Baca juga:  Miris Anak dibawah Umur, Hamil Dengan Pasangannya

Belum diketahui siapa pelaku dan motifnya. Namun, akun tersebut ditautkan ke akun lain, @coIumbineLOL.

Di akun @BPBDJakarta, pelaku juga menggunakan kata-kata yang tidak senonoh, seperti ‘Tunjukkan itu** ohlord.’ Denny mengaku tidak mengetahui siapa pelaku peretasan tersebut.

“Kami belum tahu motifnya,” katanya.

Seperti diketahui, akun @BPBDJakarta berperan vital dalam menginformasikan berbagai hal kepada masyarakat. Akun tersebut akhirnya dipulihkan setelah kejadian tersebut.

“Yang pasti akun Twitter BPBD digunakan untuk peringatan dini, edukasi kebencanaan, dan pelaporan ke sistem pemetaan bencana Jakarta,” ujarnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait