website statistics
25.4 C
Indonesia
Tue, 5 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Tuesday, 5 March 2024 | 8:38:32 WIB

Vaksin Booster Adalah Syarat Terbaru Naik Pesawat dan Kereta Api Mulai 17 Juli 2022

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews.co.id – Pemerintah telah menerbitkan syarat perjalanan terbaru untuk penumpang pesawat dan kereta api yang berlaku pada Minggu (17/7/2022).

Pemerintah menjadikan vaksin dosis ketiga atau booster sebagai syarat perjalanan menggunakan pesawat, kapal, kereta api, hingga kendaraan pribadi dan umum serta penyeberangan antar kota dan daerah di seluruh Indonesia.

Ketentuan ini tertulis dalam Surat Edaran (SE) tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi baik di Dalam Negeri maupun Luar Negeri di Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga:  Pemantapan Nilai Kebangsaan oleh Lemhannas: Menghadapi Pengaruh Bangsa Lain dengan Waspada

Dalam (SE) Surat edaran tersebut, penumpang yang sudah mendapatkan vaksin dosis ke tiga vacsin booster, tidak wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 dengan skema PCR maupun rapid antigen.

Pengguna perjalanan dalam negeri yang mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen,” ungkap SE tersebut seperti dikutip detiknews.co.id pada Senin (18/7/2022).

Apa bila ada penumpang masih mendapatkan vaksin kedua maka perlu menunjukkan hasil negatif covid-19 dengan skema yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan atau dengan skema antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam,” ungkap SE.

Baca juga:  Mahasiswa Kritis di HUT Ke-149 Pandeglang: Kritik Kebijakan Pemkab untuk Kebutuhan Dasar Masyarakat dan Infrastruktur Jalan

Juga penumpang vaksin pertama, wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 dengan skema PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam. Penumpang yang baru vaksin dosis pertama tidak bisa menggunakan skema antigen tersebut.

Lalu, penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksinasi dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi.

Baca juga:  Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Pada Anak Usia 6-11 Tahun Serempak di Sekolah Dasar, di Wilayah Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Tetapi, mereka wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatannya.

Juga mereka wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tersebut belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Syaratnya, perjalanan mereka didampingi dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, Ketentuan vaksin dan hasil negatif Covid-19 berskema PCR atau antigen hanya dikecualikan bagi penumpang anak di bawah 6 Tahun. (sw)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait