website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 4:32:50 WIB

Viral !!! Ada Bunga Rafflesia Arnoldi di Kebun Warga Cilodong Depok

Depok | detikNews – Bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan di dalam kebun milik warga RT04/RW08, Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

Kepala Kantor Kelurahan Cilodong, Herry Wibowo mengatakan, bahwa bunga Raflesia Arnoldi tersebut ditemukan oleh pemilik kebun pada hari Sabtu, 11 Februari 2023.

“Bunga itu ditemukan oleh Bapak Suhadi, pemilik kebun. Diperkirakan masa bunganya akan tumbuh kurang lebih lima hari lagi”, ujar Herry kepada detikNews.co.id, Minggu 12/02/2023.

Baca juga:  Soal Anak Yatim Putus Sekolah, Langkah Disdik Depok Diapresiasi

Menurur Herry, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Tiga Pilar mitra Kelurahan untuk menjaga bunga tersebut saat mekar, karena bunga yang juga dikenal sebagai Padma Raksasa ini ditetapkan sebagai Puspa Langka Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional. Rafflesia Arnoldi juga masuk kedalam daftar tumbuhan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 7 Pasal 4 Tahun 1999.

“Saya berharap bagi warga yang ingin melihat keindahan bunga Rafflesia Arnoldi ini tidak menganggu lingkungan sekitar”, Imbau Lurah.

Baca juga:  Seorang Pria Ditemukan Meninggal di Bengkel Sepeda Motor di Sendangdalem Padureso

“Saya pun sudah menyampaikan kepada warga yang ingin melihat agar tidak terlalu dekat”, tambahnya.

Herry juga mengungkapkan, menurut pemilik kebun, empat tahun yang lalu juga pernah tumbuh di tempat yang sama, lalu layu dan mati. Kemudian baru tumbuh lagi di tahun 2023 ini, pungkasnya.

Sebagai informasi, bunga Rafflesia Arnoldi baru pertama kali ditemukan pada 1818 di hutan Sumatera oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang sedang mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles, sehingga tumbuhan itu diberi nama sesuai sejarah penemunya yakni penggabungan antara Raffles dan Arnold.

Baca juga:  Empat Bayi Lahir Secara Normal di Hari Jadi ke-24 Kota Depok

Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan salah satu tumbuhan dengan sifat unik, karena jenis ini hanya berupa kuncup atau bunga mekar, tidak ada batang, daun, dan akar yang umumnya terdapat pada tumbuhan bunga lainnya. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait