website statistics
30.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 13:41:28 WIB

Viral di Snack Video Polwan yang Dipecat Tidak Hormat, Dia Diminta Atasan Bebaskan Pemerkosa “Hanya Karena Pelaku Pemerkosa itu Orang Kaya dan Dibekingi Perwira”

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – Kesaksian Polwan yang dipecat Tidak Hormat, Dia diminta atasan bebaskan Pemerkosa hanya karena pelaku Pemerkosa itu Orang Kaya dan dibekingi Perwira.

Sebuah video viral berisi kesaksian seorang mantan anggota polwan bernama Yuni Utami menghiasi trending topik di media sosial, salah satunya di Snack Video, pada Kamis (1/9/2022).

Pada tayangan video itu yang tengah trending tersebut, tampak Yuni Utami memberikan kesaksiannya terkait alasan dulu ia dipecat sebagai anggota polwan.

Tampil dengan menggunakan baju berlogo Polri dan memakai topi ‘dibalik’, Yuni Utami mantan Polwan tersebut memberikan penjelasan mengapa ia dipecat Polri pada 2014 lalu.

Saya Yuni Utami, mantan polwan Polda Sulteng yang dipecat tahun 2014 karena tidak masuk kantor selama dua tahun.

Baca juga:  Tragedi di Bogor: Penumpang Sepeda Motor Tewas Tertimpa Truk Saat Mendahului, Keselamatan Berkendara Kembali Jadi Sorotan

Di sini saya mau membantah secara tegas dan memberikan klarifikasi terkait Polri yang pernah mengatakan bahwa saya tidak masuk kantor selama dua tahun karena saya tidak mau dimutasi menjadi Lantas di Polres,” ujar mantan polwan bernama Yuni Utami.

Menurut mantan polwan Yuni Utami, alasan dia tidak masuk ke kantor itu bukanlah karena dia menolak dimutasi ke Lantas, namun, kata dia, kejadian tahun 2012 lah penyebab utama dia dipecat.

Berawal dari kasus pemerkosaan yang terjadi pada tahun 2012, di mana saya adalah penyidik di kasus tersebut dan saya mendapat perintah dari oknum untuk membebaskan tersangka kasus pemerkosaan,” kata Yuni Utami.

Menurut Yuni Utami, saat itu, oknum yang memberi perintah untuk membebaskan tersangka kasus pemerkosaan itu beralasan bahwa tersangka merupakan orang kaya dan punya bekingan perwira.

Baca juga:  Tol Layang MBZ Arah Cikampek Ditutup Sementara Akibat Kecelakaan Tertentu

Saya menolak perintah oknum tersebut, sehingga saya banyak mendapatkan banyak ancaman dari oknum, dan saya dimutasi ke Polres.

Lalu kasus pemerkosaan yang saya tangani saat itu diberikan kepada oknum yang memerintahkan saya untuk membebaskan tersangka,” kata dia

Menurutnya, kejanggalan yang ia alami tersebut saat itu buru-buru dilaporkan ke tingkat Polda, namun kata Yuni, justru ia tidak mendapat respons yang baik saat itu.

Dan parahnya lagi, saya sudah melaporkan masalah saya ini sampai ke tingkat Polda. Tapi saya tidak mendapat respons yang baik yang baik dari institusi Polri.

Kesaksian Yuni Utami di media sosial, salah satunya di TikTok itu bukan yang pertama. Sebelumnya pada Minggu (12/12/2021), mantan polwan, Yuni Utami pernag memberikan kesaksian soal alasannya dipecat Polri.

Baca juga:  Konflik Lahan di Gunung Sindur, Dugaan Intimidasi Terhadap Warga dan Jurnalis Mencuat

Adapun saat itu, Yuni Utami yang disebut masih bertugas di Polsek Biromaru, Polres Sigi Saat itu dia memergoki salah satu seniornya, sedang mengubah status tersangka di BAP. Adapun ceritanya sama percis dengan yang baru ia kemukakan di TikTok baru-baru ini.

Atas beredarnya video viral medsos itu, Polda Sulteng kala itu pernah memberikan keterangan bahwa turun wanita dalam video itu berinisial YU.

YU atau Yuni Utami merupakan mantan polwan Polda Sulteng.

Namun, Yuni Utami telah diberhentikan secara tidak hormat karena disersi. Polda Sulteng pun akan menurunkan tim guna menginvestigasi kasus tersebut. Adapun jabatan terakhir Yuni Utami saat bertugas adalah Bripda. Dia disebut dipecat sejak 2014 karena disersi.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait