22.4 C
Indonesia
Rab, 29 Maret 2023
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Rabu, 29 Maret 2023 | 13:48:22 WIB

Wakil Walikota Harapkan Ini, Diacara Grand Final Duta Baca Depok 2023

Depok | detikNews – Wakil Walikota Depok, Ir.H. Imam Budi Hartono (IBH) berharap, kedepannya ajang Pemilihan Duta Baca Kota Depok diselenggarakan tidak hanya untuk jenjang Perguruan Tinggi saja. Namun, tingkat jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat jenjang SMA/SMK pun dapat terselenggara. Hal itu di disampaikannya saat menghadiri acara Grand Final Pemilihan Duta Baca Kota Depok tahun 2023 yang dilaksanakan di Depok Town Square (Detos), Jalan Margonda Raya Nomor 1 Kecamatan Beji, Kota Depok pada Minggu, 05/04/2023.

“Mudah-mudahan kedepannya pemilihan Duta Baca ini juga diselenggarakan untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Karena kita membutuhkan anak-anak Depok yang cinta dan gemar membaca”, ujar Imam.

Lebih jelas diungkapannya, dirinya bisa berdiri di acara tersebut karena membaca.

Baca juga:  Kontrol Inflansi Jelang Nataru, Wawali Depok Blusukan ke Pasar

“Saya bisa berdiri di sini menyampaikan kata – kata, itu karena saya kemarin membaca, baca itu tidak akan merugi, karena tanpa membaca saya tidak akan tahu apa-apa”, tandasnya.

“Membaca ini adalah suatu hal yang harus kita promosi kan, kita sosialisasikan, agar warga Indonesia, khususnya warga Depok gemar membaca”, tambah Imam.

Dalam kesempatan itu, Imam memberikan 5 buku Autobiografi nya yang berjudul ‘Anak Supir Bisa Jadi Wakil Walikota’ kepada para Juara Duta Baca Depok 2023, Duta Baca Depok 2022, dan Ketua Paguyuban Duta Baca Kota Depok.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, bahwa terselenggaranya acara tersebut, adalah salah satu komitmen pihaknya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Depok.

Baca juga:  Wanita di Tangerang Baru Mengetahui Suaminya Gadungan TNI AL Setelah 3 Bulan Menikah

Acara yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali itu, diharapkan untuk Duta Baca tidak hanya sebagai perwakilan dari masyarakat semata. Namun juga, sebagai agen peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di kota Depok.

“Seorang Duta Baca harus memiliki kemampuan baca yang baik, dan memahami isi dari buku – buku yang dibacanya, karena hal ini sangat membantu meningkatkan SDM warga Kota Depok terutama dalam bidang Pendidikan”, tutur Siti Chaerijah.

Lebih detail dikatakannya, untuk para pemenang Duta Baca Kota Depok adalah sebagai agen promosi pelayanan Perpustakaan, untuk dapat memberikan informasinya yang lengkap dan jelas.

“Diharapkan dengan adanya Duta Baca, masyarakat dapat tertarik untuk berkunjung ke Perpustakaan”, tandasnya.

Baca juga:  Sebuah Kapal Penangkap Ikan Dikabarkan Terbalik Akibat Ombak Besar di Pantai Logending

Siti Chaerijah juga menjelaskan, adapun peran strategis yang dilakukan oleh Duta Baca adalah :

1. Menjadi contoh yang baik dalam membaca dan menunjukan manfaat nya.

2. Menjalin kerjasama terhadap pihak-pihak terkait seperti Perpustakaan, Sekolah, komunitas membaca untuk mempromosikan membaca

3. Membuat program-program yang kreatif dan menarik untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

4. Mendorong pengembangan literasi anak-anak terutama di kalangan anak-anak dan remaja, membantu mengembangkan membaca dan menulis sehingga siap menghadapi dunia yang semakin kompleks.

5. Meningkatkan akses masyarakat terhadap bahan bacaan yang berkualitas, jelasnya.

Dalam pemilihan Grand Final Duta Baca Kota Depok 2023 dimenangkan oleh Muhammad Hasan Abdillah dari Kecamatan Tapos dan Salma Fahimova Alamry dari Kecamatan Sukmajaya. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru