25.4 C
Indonesia
Sen, 28 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Senin, 28 November 2022 | 8:37:22 WIB

Digelar oleh Kementerian LHK RI, Amran Mahmud Hadiri Indonesia’s FOLU Net Sink 2030

Reporter: Firman Syam

Wajo | detikNews – Bupati Wajo, Amran Mahmud menyampaikan dukungannya terhadap upaya pengendalian iklim yang dilakukan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI melalui Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 atau IFNET 2030.

Sebagai bentuk dukungan, Amran Mahmud menghadiri langsung sosialisasi program IFNET 2030 regional Sulawesi tersebut yang digelar di Ruang Senat Lantai 2 Rektorat Universitas Hasanuddin, Makassar, Senin (04/07/2022). Sosialisasi ini dalam rangka implementasi Surat Keputusan Menteri LHK Nomor : SK.168/MENLHK/PKTL/PLA.1/2/2022 tentang Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 untuk Pengendalian Perubahan Iklim.

“Ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dan upaya terbaik pemerintah untuk mendekatkan beberapa kebijakan strategis sesuai dengan kebutuhan untuk kondisi bumi yang lebih baik. Dan kami, khususnya pemerintah Kabupaten Wajo mendukung penuh upaya tersebut,” ucap Amran Mahmud yang dikonfirmasi usai mengikuti kegiatan.

Baca juga:  Antoni Dequin Berharap di Akhir Jabatan, PJ Bupati Muara Enim Berikan yang Terbaik

Amran Mahmud pun mengharapkan kebersamaan dan kerjasama dari seluruh Forkopimda, OPD dan Instansi terkait, LSM dan aktifis lingkungan, ormas, pemerintah kecamatan, desa, kelurahan serta masyarakat untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pengendalian iklim ini, misalnya upaya mengurangi emisi rumah kaca.

“Kita berharap sosialisasi ini akan mampu memberikan informasi bagi seluruh peserta yang hadir, baik dari kalangan pemerintah, akademisi maupun praktisi dan aktivis lingkungan, sehingga mampu menetapkan rencana aksi dan program-program penting yang selaras dengan tujuan IFNET 2030,” harapnya.

Sebelumnya pada kegiatan sosialisasi, Direktur Jenderal Pengendalian Hutan Lestari Kementerian LHK RI, Agus Justianto selaku Ketua Harian 2 Tim Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 dalam parannya menyampaikan bahwa IFNET 2030 ini menjadi program atau kebijakan dari Kementerian LHK terkait dengan permasalahan perubahan iklim.

Baca juga:  Irjen Pol Ferdy Sambo Tersangka Kasus Terbunuhnya Brigadir J

“Permasalahan iklim ini mengancam kehidupan. Indonesia sebagai negara yang berkomitmen untuk melakukan perlindungan lingkungan dan iklim dalam rangka menuju visi Indonesia Emas, maka kita ikut menandatangani Paris Agreement. Tentu komitmen ini harus ditindaklanjuti oleh semua pihak baik lintas generasi, lintas disiplin maupun lintas sektor untuk secara kolektif untuk memikirkan bagaimana inovasi dan solusi di seluruh bidang kehidupan,” ucapnya.

Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ichsan Mustari menyampaikan bahwa perubahan iklim yang kita rasakan saat ini tentu mempengaruhi berbagai sektor seperti perekonomian, sosial, geologi bahkan kesehatan. Kalau tidak ada langkah-langkah adaptasi mitigasi, maka ini tentu akan mempengaruhi perekonomian kita.

Baca juga:  Polri Komitmen Ungkap Kasus Brigadir J Hingga Terang Benderang

“Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan sangat bangga dan berterima kasih pelaksanaan sosialisasi IFNET 2030 ini dilaksanakan di wilayah Sulsel, tepatnya di Unhas Makasaar,” ucapnya.

Rektor Unhas Makassar, Prof Jamaluddin Jompa menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pimpinan Kementerian LHK RI untuk bermitra dan bersama-sama memastikan bahwa pengendalian iklim yang merupakan komitmen Indonesia, bisa terus diupayakan. “Ruang senat ini mudah-mudahan menjadi saksi untuk mengawali sosialisasi yang saya yakin pasti minimal 50 persen pembicaraan akan mengarah pada upaya untuk menyelamatkan bumi satu-satunya ini,” ucapnya.

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh pejabat Kementerian LHK RI dan Tim IFNET 2030, Pemerintah Provinsi dan Bupati/Walikota se-Sulsel, Pemerintah Provinsi se Regional Sulawesi, Para Rektor, Akademisi dan mitra Kementerian LHK RI se-regional Sulawesi, serta undangan lainnya. (FN)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait