website statistics
27.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 12:28:51 WIB

Bakal Gandeng Kaesang, Bharock Siapkan Program Kerja ‘Semua Senang’ Untuk Bertarung di Pilkada Depok

Depok | detikNews – Edi Dadang Chandra S.Pd.MH (Bharock) Ketua DPC Partai Nasdem Pancoran Mas Kota Depok menilai, bahwa untuk memimpin wilayah teritorial Kota Depok, tidak cukup hanya mengandalkan popularitas serta kamuflase dukungan pencitraan semata. Ia pun menyebut akan berencana membangun konsolidasi kepada Kaesang Pangarep Ketua Umum PSI untuk maju dalam kontestasi Pilkada Serentak di Kota Depok pada November 2024 mendatang.

Menurut Bharock, guncangan dan tekanan dampak pandemi terus memaksa penduduk yang hampir miskin masuk ke dalam kategori miskin. Oleh karenanya, diperlukan hubungan yang lebih erat antara upaya untuk menurunkan kemiskinan dan meningkatkan ketahanan ekonomi sehingga pencapaian keduanya dapat berkelanjutan.

“Intervensi pengentasan kemiskinan, termasuk penurunan beban ekonomi, penanganan isolasi spasial, dan peningkatan kapasitas ekonomi, perlu direncanakan dan dilaksanakan dengan mempertimbangkan risiko iklim saat ini dan masa depan”, ucapnya, Senin 22/4/2024.

“Untuk itu, perlu direncanakan program kerja dengan seksama sehingga dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat miskin dan hampir miskin khususnya di Kota Depok, serta mencegah meningkatnya kerentanan dan ketidaksetaraan. Visi ini sangat selaras dengan agenda pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024”, ungkapnya.

Baca juga:  Ketua MUI Menolak Usulan Penghapusan Rekomendasi FKUB dalam Syarat Pendirian Rumah Ibadah dan Menjelaskan Pentingnya Kerukunan Antar Umat Beragama

Politisi Muda jebolan Unpam ini menyebut, bahwa penguatan ketahanan masyarakat miskin di perkotaan membutuhkan rangkaian intervensi yang secara kolektif memperkenalkan strategi solutif dan transformatif.

“Penentuan program kerja itu harus mempertimbangkan secara seksama tentang dampak di masa depan dan mengadopsi serangkaian strategi pada skala spasial serta temporal yang tepat, dan strategi yang dirumuskan harus mencakup : mekanisme yang solutif (Coping Mechanism), upaya adaptasi (Incremental Adaptation) untuk mewujudkan solusi transformatif yang membawa perubahan sistemik, dalam mengurangi akar masalah kerentanan terhadap perubahan sistem ekonomi dalam jangka panjang”, jelas Bharock.

“Strategi-strategi tersebut harus dapat dicapai di berbagai skala, dengan mempertimbangkan kegiatan dan intervensi yang sesuai. Mengingat kondisi lokasi dan kewilayahan mempengaruhi kerentanan, maka intervensi harus sesuai dengan prinsip subsidiaritas yaitu : keputusan terkait upaya memperkuat ketahanan dalam pembangunan dibuat secara mudah”, sambungnya.

Baca juga:  Kaesang Pangarep Siap Maju dalam Pemilihan 'Depok Pertama' Melalui PDIP

Lebih jauh, Bharock mengungkapkan, bahwa sosok Kaesang sebagai generasi masa depan bangsa yang inovatif dalam menggerakkan roda perekonomian, lebih sangat dibutuhkan masyarakat Depok untuk mengangkat perekonomian warga yang telah tersungkur tertabrak pandemi, ketimbang para sosok yang mengandalkan pencitraan tanpa bukti kinerja individualisme nyata.

“Sebagai isu prioritas, pemerintah telah merumuskan sejumlah kebijakan dan berbagai intervensi program pengentasan kemiskinan. Di antaranya adalah Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, pemberian bantuan sosial, peningkatan akses pendidikan, penguatan infrastruktur kesehatan, dan lain-lain. Idealnya berdasarkan hal tersebut, harusnya taraf hidup masyarakat Depok sudah lebih membaik saat ini”, ungkapnya.

“Bang Kaesang adalah sosok yang tepat untuk membangkitkan semangat peningkatan perekonomian yang signifikan bagi warga Depok, dan saya akan berupaya membangun konsolidasi aktif bersamanya dalam menentukan program kerja nyata, yang untuk sementara kita beri nama program kerja ‘ Semua Senang’, mohon dukungan dari warga Depok untuk merealisasikannya”, imbuhnya.

Baca juga:  Menelusuri Pergeseran Sikap PSI: Dulu Dukung Ganjar, Kini Sejajar dengan Prabowo

Menutup pembicaraan, Bharock mengatakan, bahwa salah satu upaya preventif untuk membangun kesadaran dan pemahaman generasi masa depan akan pentingnya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, demokrasi, kemanusiaan, dan pluralisme dalam pergaulan didalam masyarakat yang mempunyai latar belakang kultural yang beragam adalah dengan melalui penerapan pendidikan transparansi anggaran sosial kemasyarakatan.

Kaesang Pangarep Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Foto : Istimewa)

“Masyarakat Depok butuh tenaga ahli dalam kinerja nyata, bukan yang selalu mengedepankan permainan ilusi kata – kata. Warga Depok butuh kesejahteraan yang merata, bukan hanya yang direalisasi untuk golongan – golongan tertentu semata. Oleh karena itu, mari kita mulai membuat daftar permasalahan masyarakat yang ada, untuk bersama – sama kita selesaikan menuju Kota Depok yang benar – benar sejahtera”, tandas Bharock.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait