website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 10:05:25 WIB

FOZ dan Dompet Dhaufa Bangun Sinergi untuk Keberlanjutan UMKM Indonesia

Bogor | detikNews – Dompet Dhaufa, lembaga zakat yang berkomitmen untuk mendukung UMKM di seluruh Indonesia, melakukan Orientasi Lapangan bersama Forum Zakat (FOZ) pada Kamis, 21 Juli 2023, di Bogor. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya nyata untuk memahami dan meningkatkan proses pemasaran produk UMKM, serta meninjau dapur produksi secara langsung.

Anwar, Marketing Hub Forum Zakat (FOZ), menyampaikan harapan mereka terkait kerjasama dengan UMKM yang menjadi mitra binaan lembaga amil zakat.

Baca juga:  Bursa Kripto Indonesia Resmi Beroperasi, Dampak Positif dan Negatifnya bagi Investor

“Harapan kami dari FOZ adalah terciptanya sinergi dan kolaborasi antara mitra binaan UMKM LAZ di seluruh Indonesia. Ini terkait dengan penyaluran produk UMKM, sehingga kita mendapatkan pangsa pasar yang langsung terhubung dengan lembaga zakat yang membutuhkan. Hal ini akan menciptakan siklus penjualan yang closed loop secara rutin, terus berputar, dan berkesinambungan,”ujar Anwar, Senin (01/01/2024)

Dalam orientasi lapangan ini, tim dari Dompet Dhaufa terjun langsung untuk memahami setiap tahap dari proses pemasaran produk UMKM. Dari peninjauan dapur produksi hingga proses distribusi, mereka berusaha memahami setiap aspek dan tantangan yang dihadapi oleh UMKM.

Baca juga:  Pelaku Usaha Lokal Surabaya Jadi Pusat Perhatian di Food Court Theater Rasa ASEEC UNAIR

Kolaborasi yang diharapkan akan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan UMKM. Dengan adanya sinergi antara lembaga zakat dan UMKM, diharapkan akan terbentuk relasi yang saling menguntungkan. Produk UMKM dapat tersalurkan dengan lebih efisien kepada lembaga zakat yang membutuhkan, sehingga manfaat dari zakat dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, keberlanjutan dalam siklus penjualan yang diusulkan oleh Anwar diharapkan dapat memberikan kestabilan finansial bagi UMKM. Dengan adanya dukungan yang berkesinambungan dari lembaga zakat, UMKM dapat fokus pada pengembangan produk dan peningkatan kualitas, sehingga dapat bersaing lebih baik di pasar. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait