website statistics
27.4 C
Indonesia
Sat, 18 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Saturday, 18 May 2024 | 20:13:36 WIB

Pelatihan Kerajinan Tangan di Kelurahan Ratujaya

Depok | detikNews – Sebanyak 30 warga Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, telah mengambil langkah penting dalam meningkatkan keterampilan mereka dalam seni kerajinan tangan. Pelatihan yang diadakan pada tanggal 30-31 Oktober 2023 ini menyasar beragam peserta, termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang kerajinan tangan, Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), dan anggota karang taruna.

Lurah Ratujaya, Bambang Sugiharto, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memajukan keterampilan warga dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan ekonomi keluarga secara mandiri.

Baca juga:  Gerakan Mengubah Permainan BlackRock: Menawarkan Perdagangan Bitcoin untuk Investor

“Kami ingin peserta dapat memahami proses dan menambah wawasan dalam keterampilan kerajinan tangan, serta membantu masyarakat menjadi lebih mandiri dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Bambang, Selasa, 31 Oktober 2023.

Pelatihan ini melibatkan pemateri yang berpengalaman di bidang keterampilan kerajinan tangan. Para pemateri ini merupakan praktisi handycraft yang telah bersertifikasi dan telah mencapai kesuksesan dalam bidang mereka. Keberadaan narasumber yang berpengalaman ini bertujuan untuk menginspirasi dan memacu semangat peserta.

Baca juga:  Anggota Dewan Senior HBS Ungkap Cerita Tersembunyi di Balik Sejarah Kota Depok

Bambang juga memberikan pesan kepada peserta untuk terus menggali potensi mereka dalam memanfaatkan keterampilan dalam pengolahan bahan baku di sekitar mereka. Salah satu pendekatan yang ditekankan adalah pemanfaatan limbah yang dapat didaur ulang. Ini adalah langkah positif dalam mendukung praktik ramah lingkungan.

“Saya tekankan juga agar peserta fokus dalam setiap tahap pembuatan kerajinan tangan. Ini mencakup perencanaan, persiapan bahan dan alat, pembuatan benda sesuai dengan rancangan, dan tahap penyelesaian yang teliti,” ujar Bambang.

Baca juga:  Peretasan Kripto Memicu Kerugian Investor Sebesar Rp 4,5 Triliun pada Juli 2023: Bulan Terburuk Sepanjang Tahun

Lebih lanjut, Bambang menekankan pentingnya menciptakan kerajinan tangan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga mudah dipasarkan. Hal ini dapat berdampak positif pada peningkatan harga jual produk dan pada gilirannya, meningkatkan kesejahteraan ekonomi peserta.

Melalui pelatihan ini, Kelurahan Ratujaya telah memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan ekonomi lokal dan peningkatan keterampilan masyarakat. Diharapkan bahwa peserta akan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk mendukung keluarga mereka dan menciptakan peluang ekonomi yang lebih baik di masa depan. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait