website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 3:54:02 WIB

Garuda Muda Indonesia Kembali ke Tanah Air, Timnas Indonesia U-22 Siap Diarak di Pusat Jakarta

Jakarta | detikNews – Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) memberikan pengumuman resmi bahwa mereka akan mengadakan konvoi untuk merayakan kemenangan Timnas Indonesia U-22 dalam cabang olahraga sepak bola di SEA Games 2023. Konvoi ini dijadwalkan berlangsung pada Jumat, 19 Mei 2023, di Jakarta.

Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 dalam pertandingan final yang digelar pada Selasa malam, 16 Mei 2023, di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Kemenangan ini menandai akhir dari penantian selama 32 tahun bagi sepak bola Indonesia untuk meraih gelar di SEA Games. Terakhir kali Timnas Indonesia meraih medali emas di ajang tersebut adalah pada tahun 1991 di Filipina.

Timnas Indonesia telah menjadi juara cabor sepak bola SEA Games sebanyak tiga kali. Gelar emas pertama diraih pada tahun 1987, kedua pada tahun 1991, dan yang terbaru pada tahun 2023.

Baca juga:  Diduga Ada Permainan Anggaran, Baru Selesai Dibetonisasi Jalan Lingkungan di Desa Mampir Sudah Retak

PSSI berencana untuk mengapresiasi prestasi gemilang ini dengan mengadakan arak-arakan konvoi sebagai bentuk dukungan kepada para pemain dan ofisial timnas. Rute konvoi akan dimulai dari Monas, kemudian melalui jalan Sudirman dan menuju Gelora Bung Karno (GBK), dan akan diakhiri dengan salat Jumat.

Arya Sinulingga, seorang perwakilan dari PSSI, menyatakan, “PSSI dengan bangga akan menyambut dan mendukung para pemain dan ofisial timnas yang telah membawa pulang medali emas dan menjadi juara di SEA Games setelah menunggu selama 32 tahun,” ujar Arya Sinulingga.

“Rencananya, kita akan mengadakan konvoi mulai pukul 8 pagi di Monas. Kami telah mengajukan izin kepada kepolisian, dan kami berharap dapat memberikan dukungan kepada para pemain dan ofisial,”jelasnya.

Baca juga:  Putusan PN Jakpus Terkait Penundaan Pemilu Dibatalkan oleh PT DKI Jakarta, KPU Merespons dengan Positif

Konvoi ini akan melewati beberapa landmark terkenal di Jakarta, termasuk Patung Kuda, sebelum akhirnya tiba di GBK. Selain itu, konvoi juga dijadwalkan berakhir dengan salat Jumat di GBK.

“Acara ini telah kami persiapkan dengan baik, dan kami sangat menantikan kehadiran para pemain timnas yang berhasil meraih medali emas di SEA Games ini,”ucap Arya.

Torehan yang Sempurna

Tim Nasional (Timnas) U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 dengan catatan yang sempurna. Skuat Garuda Muda tak terkalahkan sejak babak penyisihan grup hingga final atau enam laga menang berturut-turut.

Diketahui Pada babak grup, Indonesia menang atas Filipina (3-0), Timor Leste (3-0), Myanmar (5-0) dan Kamboja (2-1). Pada babak semifinal tim Merah Putih kalahkan Vietnam (3-2) dan di final menang atas Thailand (5-2).

Baca juga:  Ketua Umum PSSI Erick Thohir Update Rumput JIS Sudah Siap Pasang

Sehingga Anak didik Indra Sjafri cetak 21 gol dan hanya kebobolan lima gol. Catatan itu menjadi yang paling produktif dari semua peserta SEA Games di 2023.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, pun mengucap syukur atas prestasi yang diraih Timnas U-22. ia persembahkan medali emas tersebut untuk masyarakat Indonesia yang telah lama menunggu.

“Kemenangan atas Thailand adalah bukti Indonesia adalah bangsa tangguh dan mampu bekerja sama demi satu tujuan,” tandas Erick.

Buat Ketua umum (Ketum) PSSI, hasil di SEA Games 2023 adalah titik awal perjalanan tim sepak bola Indonesia untuk menggapai prestasi lebih tinggi lagi. Targetnya bisa berbicara banyak di Asia dan dunia tentunya. (Reporter Sawijan)

 

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait