website statistics
22.4 C
Indonesia
Wed, 22 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Wednesday, 22 May 2024 | 4:42:01 WIB

Arca, Perusahaan Kripto Terkemuka, Lakukan Pemangkasan Karyawan Sebesar 30 Persen untuk Menghadapi Tantangan Pasar

Depok | detiknews – Arca, sebuah perusahaan manajemen investasi cryptocurrency atau dana lindung nilai, telah memberhentikan 30 persen stafnya karena musim dingin crypto yang sedang berlangsung dan ketidakpastian peraturan.

“Pertumbuhan yang tidak dapat diprediksi di bear market yang diperpanjang ini dan lingkungan peraturan yang tidak pasti,” kata juru bicara Arca, seperti dikutip CoinDesk, Rabu (7 Juni 2023).

Juru bicara menambahkan bahwa menyesuaikan jumlah karyawan akan memungkinkan perusahaan mempertahankan modal dan sumber daya yang memberikan peluang lebih besar untuk sukses hingga sektor tersebut mengalami pergeseran sentimen dan kerangka peraturan yang jelas.

Menurut LinkedIn, hedge fund yang berbasis di Los Angeles saat ini memiliki 66 karyawan. Didirikan pada tahun 2018, perusahaan mengumpulkan $10 juta dalam pendanaan Seri A pada tahun 2021.

Arca menjadi salah satu perusahaan crypto yang melakukan PHK tahun ini. Sebelumnya, perusahaan game crypto Immutable di Australia memangkas 11 persen tenaga kerjanya, menurut pengumuman perusahaan kepada karyawan pada Februari 2023.

Baca juga:  Pertukaran Kripto Binance Dituduh Menyertakan Token Kripto sebagai Sekuritas dalam Gugatan SEC

Selain itu, pertukaran crypto Luno, yang dimiliki oleh Digital Currency Group, memangkas 35 persen dari total tenaga kerjanya pada Januari 2023. PHK di Luno memengaruhi lebih dari 330 karyawan dari sekitar 960 karyawan.

Silvergate Capital secara signifikan mengurangi jumlah karyawannya, meninggalkan perusahaan dengan lebih sedikit staf untuk mengelola likuidasi bank ramah crypto ini.

Sebanyak 230 karyawan diharapkan masuk dalam daftar PHK, dengan tambahan PHK direncanakan pada akhir tahun. Melalui pengajuan ke Securities and Exchange Commission (SEC), perusahaan menyatakan hanya akan memiliki 80 karyawan.

Silvergate Bank, sebuah perusahaan pemberi pinjaman yang berbasis di California, ditutup pada bulan Maret. Pemberi pinjaman melayani banyak klien crypto-native seperti Coinbase, Circle, Paxos, dan Gemini.

Perusahaan juga mengoperasikan platform instan SEN, yang banyak digunakan oleh klien bank institusional.

“Karyawan Silvergate yang tersisa akan membantu mengelola aset perusahaan yang tersisa, menangani berbagai pertanyaan regulasi, dan menangani investigasi ke bank dan perusahaan induknya,” seperti dikutip dari penjelasan perusahaan yang dikutip Yahoo Finance, Jumat (12 Mei 2023). ).

Baca juga:  Peretasan Kripto Memicu Kerugian Investor Sebesar Rp 4,5 Triliun pada Juli 2023: Bulan Terburuk Sepanjang Tahun

Pada kuartal fiskal terakhir tahun 2022, Silvergate mengungkapkan bahwa kliennya menarik $14 miliar dari pemberi pinjaman setelah runtuhnya kerajaan crypto Sam Bankman-Fried, FTX.

Untuk mengatasi tekanan penarikan, Silvergate menghabiskan portofolio sekuritasnya dan mengambil pinjaman yang cukup besar dari bank yang disponsori pemerintah, memicu kritik dari beberapa anggota parlemen.

PHK yang diumumkan sekarang lebih besar dari yang dilakukan oleh Silvergate pada bulan Januari. Saat itu, perusahaan memberhentikan 200 karyawan, pengurangan 40%, untuk menghadapi “lingkungan makro yang menantang”.

Saham Silvergate anjlok pada bulan Maret setelah perusahaan menunda pengajuannya ke SEC, menimbulkan pertanyaan tentang kemampuannya untuk melanjutkan operasinya. Menjelang likuidasi sukarela, Silvergate menjadi salah satu saham paling pendek di Wall Street.

Silvergate menyatakan bahwa mereka masih belum dapat memenuhi kewajiban pengarsipannya, menambahkan bahwa mereka tidak berharap untuk membuat laporan keuangan yang telah diaudit dalam upaya untuk meminimalkan biaya. Selain itu, bank mengatakan telah menjual semua sekuritasnya dan menyimpan dana lebih dari yang dibutuhkan untuk membayar deposan.

Baca juga:  Komisi Perdagangan Berjangka AS Mengeluarkan Aturan Terbaru untuk Manajemen Risiko Aset Kripto

Penutupan bank dirasakan di seluruh industri aset digital sebagai salah satu bank ramah crypto terkemuka. Namun, penutupan Silvergate sebagian besar dibayangi oleh masalah-masalah selanjutnya yang mempengaruhi bank lain, seperti Signature Bank dan Silicon Valley Bank (SVB), yang gagal beberapa hari kemudian.

Pada akhir tahun lalu, Silvergate memiliki total aset sekitar $11 miliar, menurut Ycharts. Angka ini menunjukkan penurunan sebesar 29 persen dibandingkan tahun sebelumnya saat industri aset digital sedang booming.

Sebagai perbandingan, Signature dan SVB jauh lebih besar. Signature dan SVB memiliki total aset masing-masing sekitar $110 miliar dan $209 miliar, pada akhir tahun lalu. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait