website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 2:02:19 WIB

Gempa Susulan M 3,4 Terjadi di Pacitan Jatim: Kejadian yang Membuat Wilayah Bergetar

Pacitan | detikNews – Pada Kamis, 8 Juni 2023, sebuah gempa bumi susulan dengan kekuatan M 3,4 terjadi di Pacitan, Jawa Timur (Jatim). Gempa tersebut terjadi di kedalaman 14 kilometer. Berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa susulan ini terjadi pada pukul 00.21 WIB.

Melalui akun Twitter resmi @infoBMKG, BMKG mengumumkan kejadian tersebut dengan cuitan yang menyebutkan, “#Gempa Mag:3.4, 08-Jun-2023 00:21:47WIB”. Koordinat gempa ini terletak pada 8,90 Lintang Selatan dan 111,02 Bujur Timur.

Baca juga:  Cuaca Besok di Jakarta, 13 Mei 2023: Cek Prakiraan BMKG yang Terbaru

Perlu diperhatikan bahwa informasi yang disampaikan BMKG ini bersifat mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data masih belum stabil dan dapat berubah seiring dengan kelengkapan data yang diperoleh.

Sebelumnya, pada pukul 00.04 WIB, sebuah gempa dengan kekuatan M 6,0 juga mengguncang Pacitan. Penting untuk dicatat bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Baca juga:  Kapolda Jatim yang Baru Ditangkap Propam, Dikabarkan Karena Narkoba

Gempa-gempa ini menunjukkan aktivitas seismik di wilayah tersebut. Pemerintah setempat dan pihak terkait sedang melakukan pemantauan dan penilaian dampak yang mungkin timbul akibat gempa-gempa tersebut. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan mengikuti petunjuk keselamatan yang diberikan oleh otoritas terkait.

Situasi ini juga menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi. Pemahaman mengenai tindakan yang benar saat terjadi gempa dan pentingnya membangun struktur bangunan yang tahan gempa menjadi langkah yang harus diperhatikan untuk melindungi diri dan orang-orang terdekat dari ancaman yang mungkin timbul akibat gempa bumi.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait