website statistics
29.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 15:19:29 WIB

Ini Arahan Ganjar Pranowo untuk Kepala Desa di Seluruh Jawa Tengah

Pemalang | detikNews – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengadakan acara sarasehan dengan Kepala Desa se-Jawa Tengah di GOR Jatidiri kota Semarang pada Senin (5/6/2023) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Ganjar Pranowo memberikan arahan kepada Kepala Desa untuk bekerja sama dalam percepatan penyelesaian pekerjaan yang masih tertunda.

Acara sarasehan yang berjudul “Gotong Royong Membangun Kemandirian Desa” menjadi ajang berkumpulnya ribuan Kepala Desa se-Jawa Tengah di GOR Jatidiri kota Semarang.

Tujuan dari sarasehan ini adalah untuk menyamakan frekuensi dan memperkuat sinergi menjelang akhir masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Baca juga:  Pemerintah Pusat Siapkan Rp 800 Miliar untuk Memperbaiki 15 Ruas Jalan Rusak di Lampung atas Inisiatif Jokowi

Ganjar Pranowo juga mengharapkan kolaborasi antara Kepala Desa sebagai ujung tombak pemerintahan desa dan Pemerintah Provinsi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di Jawa Tengah.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga menekankan tiga program prioritasnya dalam akhir masa jabatannya, salah satunya adalah program penurunan kemiskinan ekstrem.

Dalam pidatonya, Ganjar Pranowo menyampaikan permintaan kepada Kepala Desa untuk mengelola keuangan negara dengan baik dan melaporkan pekerjaan administratif secara tepat waktu, mengingat laporan BPK yang masih menunjukkan kekurangan pelaporan.

Ganjar Pranowo juga menekankan pentingnya penurunan angka kemiskinan ekstrem dan penanggulangan stunting sebagai agenda yang harus terus dikejar.

Baca juga:  Sandiaga Uno Tampil Seru dengan Batik Motif Gong Si Bolong Berwarna Hijau dan Merah: Tinggal Dicoblos Saja!

Setelah acara sarasehan selesai, Kustoni BR SH, Kepala Desa Babakan sekaligus Ketua (Simongklang) Paguyuban kepala desa se-kecamatan Bodeh, mengungkapkan apresiasi luar biasa kepada Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Kustoni mengatakan bahwa kegiatan sarasehan ini juga menjadi peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni 1945 – 1 Juni 2023.

Kustoni juga mengucapkan terima kasih karena dapat menghadiri undangan dari Pak Gubernur dan mengapresiasi paparan yang sangat luar biasa mengenai capaian Kepala Desa selama ini.

Ia merasa terkejut karena sebelumnya beranggapan bahwa undangan Kepala Desa dari seluruh Jawa Tengah dalam acara ini terkait dengan dukungan politik atau pamitan serta permintaan dukungan dalam Pemilihan Presiden.

Baca juga:  JakPro Menyesalkan Tindakan Warga Eks Korban Gusuran yang Menduduki Kampung Susun Bayam

Namun, kejutan bagi mereka adalah Ganjar Pranowo sama sekali tidak membahas hal-hal tersebut dalam pidatonya.

Hal ini menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo sangat memahami konsep demokrasi dan kekuasaan, sehingga ia tetap menjaga etika dengan tidak mencampuradukkan kepentingan lain dalam kegiatan tersebut.

Kustoni menekankan bahwa tindakan Ganjar Pranowo menunjukkan bahwa beliau sangat memahami pentingnya menjaga etika dan tidak memanfaatkan kekuasaan untuk kekuatan dalam mencapai tujuan lainnya. (Eko B Art)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait