website statistics
22.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 7:43:36 WIB

KPK Selidiki Kekayaan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Atas Dugaan Rekening Bank yang Dirahasiakan

Jakarta | detikNews – KPK sedang menyelidiki kekayaan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana yang menjadi sorotan karena gaya hidupnya yang boros. KPK mengungkapkan Reihana memiliki enam rekening bank, tapi baru satu yang dilaporkan di LHKPN (laporan kekayaan).

“Ada enam (rekening bank). Yang dilaporin satu”, terang Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2023).

Dia juga mengatakan Reihana pernah diperiksa terkait LHKPN-nya pada 2021. Saat itu, KPK menemukan Reihana tidak jujur ​​melaporkan kepemilikan rekening banknya.

Baca juga:  KPK Terus Gencarkan Penyidikan Kasus Korupsi Gratifikasi Rafael Alun Trisambodo yang Diduga Terjadi Selama 12 Tahun

“Begitu ramai saya tanya, ini pernah (diklarifikasi) pas 2021. Lalu hasilnya apa?. Nggak ada. Baru kita tahu banknya kok nggak dilaporin yang lima. Sekarang nggak dilaporin lagi”, ucap Pahala.

Reihana menjalani klarifikasi pada Senin (8/5). Saat klarifikasi, Reihana mengaku LHKPN-nya diisi oleh stafnya. Pahala mengatakan, KPK tidak mempersoalkan alasan yang disampaikan Reihana. Menurutnya, KPK fokus pada kekayaan Reihana yang dianggap tidak sesuai dengan profil dan jabatannya.

Baca juga:  Hadi Pranoto Ancam Laporkan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim ke KOMNASHAM

“Kalau tanggung jawab mah tetap yang namanya. Yang ngisi siapa nggak penting dan salah juga. Tapi akibatnya begitu kita tanya, ini kita dapat informasi kenapa bank mu nggak diisi, ‘oh itu staf saya yang isi’. Kenapa kamu nggak ada penambahan harta? Padahal kalau dilihat dari penerimaannya dan pengeluarannya kan, ‘oh itu staf saya yang isi’,”, ungkap Pahala.

Baca juga:  Wamenkumham Jelaskan Pasal Penghinaan Presiden dalam KUHP Baru untuk Menjaga Marwah Kepala Negara

“Jadi kalau ditanya staf saya, staf saya. Jadi ngisi stafnya itu bukan soal siapa yang ngisi tapi dia jadi lepas tanggung jawab”, imbuhnya.

KPK kini memiliki data perbankan dari enam rekening Reihana. Ketua Kadinkes Lampung akan dipanggil lagi pekan depan untuk mengklarifikasi sumber kekayaannya.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait