25.4 C
Indonesia
Sen, 28 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Senin, 28 November 2022 | 8:10:03 WIB

Peringati Hari Lansia Nasional, UPKK Depok Kecamatan Pancoran Mas, Gelar Acara Gerakan Sayang Lansia

Depok | detikNews – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, yang merupakan salah satu hari penting di Indonesia, dan diperingati setiap 29 Mei.  Sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap usia lanjut usia. UPKK Depok Kecamatan Pancoran Mas menggelar acara ‘Gerakan Sayang Lansia’ serentak diwilayah enam Kelurahan yang ada di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, sebagai bentuk ungkapan rasa kepedulian antar sesama, serta mewujudkan toleransi kepada semua elemen usia yang ada di Kota Depok.

Kartika Sari.S.Pd.I Ketua SPKK Pancoran Mas memgatakan, bahwa menurut Undang-Undang No.13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun yang keberadaannya wajib menjadi perhatian khusus dari semua elemen kemasyarakatan.

“Menurut World Health Organization (WHO), lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun keatas. Lansia merupakan kelompok umur pada manusia yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupannya, dan perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua elemen bangsa, untuk dapat membimbing serta memberdayakan sesuai dengan kemampuannya dalam keikutsertaannya membangun negeri”, ucap Ika, Sabtu 4/6/2022.

“Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ini terinspirasi dari perjuangan Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945, sebagai anggota paling sepuh (tertua), yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia”, lanjutnya.

Srikandi PKS ini menambahkan, bahwa semua usia Lansia (Lanjut usia) adalah orang tua kita, dan statemen ini sengaja dijadikan jargon untuk mengetuk kesadaran seluruh anggota masyrakat, agar memahami pentingnya menyayangi dan melindungi kelompok lansia, baik lansia itu adalah bagian dari keluarga kita, termasuk mereka yang bukan keluarga kita sendiri.

“Tujuan dari digelarnya acara ini adalah untuk memberikan ruang kepada mereka (Lansia) seputar pemenuhan hak-hak mereka sebagai bagian dari warga masyarakat. Kemudian tidak hanya itu, dalam peringatan hari Lansia juga melibatkan angota keluarga dari Lansia itu sendiri, hal ini dilakukan guna memberikan edukasi bahwa Lansia wajib disayangi, dijaga dan dipenuhi hak-haknya, sehingga para Lansia tersebut benar-benar merasa nyaman pada fase hidupnya, dengan mendapatkan perhatian khusus dari lingkungan dan pemerintah baik pusat maupun daerah”, ungkap Ika.

Lebih lanjut Ika menerangkan, sebagai generasi yang baik sudah selayaknya kita memperhatikan sejumlah tahapan pemenuhan hak-hak Lansia, dan dapat memastikan bahwa Lansia adalah kelompok masyarakat yang berhak menjalani masa tuanya dengan nyaman, tentram dan damai. Semua itu adalah tugas generasi muda untuk menjamin seluruh kebutuhan hak-hak lansia tu sendiri. Kita harus memperjuangkan seluruh hak-hak lansia untuk mewujudkan lansia yang sehat, aman dan telindungi. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi”, sambungnya.

“Peran kader kesehatan Lansia menjadi hal yang sangat penting sebagai ujung tombak pembinaan kesehatan Lansia di masyarakat. Kader dapat berperan dalam penyuluhan, penggerakan masyarakat, membantu pelayanan serta pendampingan terhadap lansia dan keluarganya. Pelayanan Kesehatan di Posyandu Lanjut usia meliputi pemeriksaan Kesehatan fisik, dan mental emosional yang dicatat, serta dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi”, tambahnya.

“Upaya yang telah dilakukan di Indonesia untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada lansia antara lain: pelayanan geriatri di Rumah Sakit, pelayanan kesehatan di Puskesmas, pendirian Home Care bagi lansia yang berkebutuhan khusus, dan adanya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lanjut Usia atau Pos Pembinaan Terpadu. Semoga semua kegiatan kepedulian terhadap Lansia ini, dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama yang mampu mewujudkan Kota Depok, yang Sehat, Maju, Berbudaya, dan Sejahtera”, pungkasnya.(Arifin)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait