website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 2:08:07 WIB

Perwakilan Pemuda Sembilan Negara Kunjungi Depok untuk Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia

Depok | detikNews – Perwakilan anak muda dari sembilan negara telah mengunjungi Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam rangkaian acara The Indonesian Arts and Culture Scholarship (IACS) atau Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Acara ini berlangsung di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Balai Kota, Rabu (02/08/23).

Kedatangan kesembilan peserta IACS disambut oleh Pimpinan Sanggar Tari Ayodya Pala dan dihadiri oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida, beserta jajaran Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Depok.

Baca juga:  Optimalisasi Kesehatan Ibu dan Anak, Dinkes Kolaborasi Puskesmas dan PMB

Para peserta IACS mengikuti pelatihan seni dan budaya Betawi – Depok serta mempelajari kearifan lokal masyarakat selama dua bulan, yakni pada Juni hingga Agustus 2023. Sanggar Tari Ayodya Pala dipilih sebagai tempat pelatihan untuk para peserta.

Etin, Pimpinan Sanggar Tari Ayodya Pala, menyatakan bahwa para peserta telah belajar banyak selama dua bulan tersebut, mulai dari Bahasa Indonesia, Gambang Kromong, Tari Mpok Cantik, Tari Njot-njotan, kriya, hingga mencicipi kuliner khas Betawi – Depok. Acara ini merupakan wujud kolaborasi antara peserta dari berbagai negara yang merupakan penggiat dan pecinta budaya yang telah diseleksi melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Kementerian Luar Negeri.

Baca juga:  Jalan Rusak Parah, Warga Desa Panca Arga 1 Mengadu Ke Kadis PUTR Asahan

Setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para peserta yang telah menjadi alumni IACS berencana untuk mengaplikasikan keterampilan kesenian yang didapatnya untuk dikembangkan lebih lanjut di negara masing-masing. Tujuan utamanya adalah agar kegiatan ini dapat menjadi cikal bakal berkembangnya berbagai program, termasuk soft diplomasi budaya Indonesia dengan negara-negara lain.

Dengan demikian, kunjungan perwakilan anak muda dari sembilan negara ke Kantor Pemkot Depok dalam acara IACS atau BSBI telah memberikan manfaat besar bagi pengembangan budaya dan diplomasi budaya Indonesia secara global. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait