website statistics
23.4 C
Indonesia
Mon, 15 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Monday, 15 April 2024 | 23:44:24 WIB

Sukses di Acara Pertama, SMP Islam Taufiqurahman Kembali Gelar UASDA ke-2 Tingkat MI, Tingkatkan Kecerdasan Siswa

Depok | detikNews – Setelah sukses menggelar acara Lomba Ujian Akhir Semester Daerah (UASDA) Tingkat Sekolah Dasar (SD) pada beberapa bulan silam, SMP Islam Tafiqurahman kembali menggelar Lomba UASDA Tahun Ajaran 2022 Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Depok, digedung sekolahnya Jalan Baiturrahim No.12, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Kota Depok. Lomba tersebut diikuti oleh 188 peserta dari 7 Sekolah MI yang berdomisili di Kota Depok.

Ketua Panitia Acara UASDA MI Mad Shoheh.S.Kom mengatakan, bahwa acara UASDA yang digelar kali ini dikhususkan untuk tingkatan Madrasah Ibtidaiyah dengan tetap menggunakan metode sistem Tematik Learning.

“Lomba UASDA kali ini kami khususkan untuk tingkatan MI setara dengan SD. Namun, dengan metode sistem Tematik Learning yang sama seperti UASDA sebelumnya”, ujar Ketua Panitia, Rabu 30/03/2022.

“Dari 7 MI yang telah mengirimkan 188 siswanya sebagai peserta antara lain: MI.Tafiqurahman 1, MI.Tarbiyah Islamiyah, MI.Al-Islamiyah, MI.Annuriyah, MI.Muhammadiyah 1, MI.Al-Hasanah, dan MI.Assuada”, ungkapnya.

Sementara itu, Bendahara Kepanitiaan Nur Syamsiyah.S.Pdi memaparkan, bahwa soal – soal yang digunakan dalam acara Lomba UASDA kali ini, masih tetap sama yakni : Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia, yang juga tetap menggunakan learning, dengan batasan waktu yang ditentukan panitia”, paparnya.

“Dari 188 siswa peserta lomba, dibagi menjadi 11 kelas, dengan menggunakan tenaga Guru pengawas sebanyak 11 orang, dan semua Guru tersebut adalah Guru aktif yang masih mengajar di SMP Islam Taufiqurahman”, sambungnya.

Kepala Sekolah SMP Taufiqurahman Drs.Dedi Suandi menerangkan, kriteria pemenang Lomba UASDA dihitung dari nilai tertinggi dan ketepatan waktu.

“Dalam menentukan pemenang, kami memberikan sebanyak 20 soal dengan batasan waktu penyelesaian selama 30 menit. Jika beberapa peserta mempunyai kesamaan jumlah jawaban yang benar. Maka, hitungan ketepatan waktulah yang akan jadi penentu siapa pemenangnya dengan kecepatan waktu penyelesaian”, ucap Ustadz Dedi.

“Untuk pendaftaran lomba, kami tidak mungut biaya sepeserpun alias gratis. Namun, para pemenang mulai dari juara 1, 2, dan 3 kami berikan sejumlah uang pembinaan sesuai dengan urutan pemenang”, tambahnya.

Kepala Sekolah SMP Islam Tafiqurahman berharap, dengan adanya rutinitas acara lomba UASDA bagi tingkatan Sekolah Dasar dan MI, mampu meningkatkan kecerdasan siswa menuju pada pendidikan tahap selanjutnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kami berharap dengan adanya rutinitas lomba UASDA tingkat SD dan MI ini, mampu merangsang daya kecerdasan siswa agar tidak merasa kesulitan ketika mulai masuk pada tingkat SMP nantinya, dan kami menilai tingkat kecerdasan para siswa dan siswi MI yang ada di Kota Depok ini luar biasa cerdas. Terbukti dari beberapa soal yang kami berikan dengan batasan waktu sanggup mereka selesaikan dengan signifikan”, ungkap Ustadz Dedi.

“Untuk itu, SMP Islam Taufiqurahman hadir sebagai salah satu solusi bagi dunia pendidikan anak khususnyanya , dengan para tenaga pendidik (Guru) yang profesional yang memiliki tingkat berpikir abstrak yang tinggi, mengajar dengan konsep, menangkap dan mengidentifikasi, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar, akan optimis mampu melahirkan para generasi muda Kota Depok yang cerdas, beradab, guna terwujudnya generasi muda Kota Depok yang hebat”, pungkasnya.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait