website statistics
29.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 14:41:00 WIB

27 Relawan Literasi Squad Siap Berjaga, Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor Buka di Akhir Pekan

Bogor | detikNews – Setelah mengalami seminggu penuh, Literasi Squad Perpustakaan Kota Bogor resmi diresmikan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya di Auditorium Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Sabtu (11/3/2023).

27 orang yang tergabung dalam Literasi Squad ini adalah relawan yang siap bertugas menjaga Perpustakaan Kota Bogor setiap Sabtu dan Minggu dengan masa uji coba selama tiga bulan.

Menurut Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor, Rudiyana, mengatakan bahwa Perpustakaan Kota Bogor telah menjadi salah satu ikon di Kota Bogor.

Keberadaannya menjadi ruang bagi warga untuk berinteraksi dan mencari sumber inspirasi baru dalam rangka memperkaya literasi warga.

Baca juga:  Polda Banten Mengerahkan Tim Khusus untuk Memburu Bajing Loncat di JLS Cilegon

“Permintaan dari masyarakat agar perpustakaan buka di hari Sabtu dan Minggu semakin meningkat, namun, kompensasi bagi ASN dan non-ASN untuk memberikan layanan di Sabtu dan Minggu belum dianggarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Oleh karena itu, keberadaan Literasi Squad menjadi penting, ” ujarnya.

Lebih cermat di jelaskan nya, anggota Literasi Squad terdiri dari dua komunitas besar, yaitu komunitas duta baca dan komunitas generasi berencana (Genre) dengan jumlah keseluruhan sebanyak 27 orang yang bertugas di Sabtu atau Minggu.

Baca juga:  Kemenag Depok Memulai Perekaman Data Biometrik untuk Calon Jemaah Haji

“Para relawan menjalankan tugas layaknya petugas perpustakaan, mulai dari front office sampai penjaga di ruang baca dengan supervisi dari 3 orang pegawai Diarpus Kota Bogor, ” tuturnya.

Sebelum mulai terjun ke pelayanan, lanjut Rudiyana, para relawan telah dibekali teori pelayanan prima dan pemagangan di setiap divisi yang ada di perpustakaan. Sebagai apresiasi bagi para relawan

“Mereka diberikan insentif berupa Go Pay sebesar Rp 200 ribu setiap bulan, kaos relawan, dan piagam apresiasi dari Wali Kota Bogor di akhir program,” ucap Rudiyana.

Sementara itu, Manajer Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Gojek Jabodetabek, Zidny Ilman juga memberikan dukungan kepada Literasi Squad.

Baca juga:  BMKG: Gempa M 4,1 di Jakarta Timur Tidak Membahayakan, Jangan Khawatir

Menurutnya, dengan memberikan Go Pay Rp 200 ribu untuk biaya transportasi bagi seluruh anggota Literasi Squad dapat membantu mereka.

“Go Pay bisa digunakan untuk mereka naik Gojek dan Gocar, ” tandas nya.

Kerja sama yang akan berlangsung selama tiga bulan tersebut, kedepannya akan di lakukan evaluasi.

“Perpustakaan Kota Bogor ini bisa jadi tempat hiburan selain mal. Saya berharap program ini bukan hanya jangka pendek, tapi bisa jangka panjang dan kami siap berkolaborasi karena ini berdampak positif, ” pungkasnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait