website statistics
24.4 C
Indonesia
Mon, 15 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Monday, 15 April 2024 | 22:24:07 WIB

Apresiasi Acara Depok Keren 2022, H.Imam Musanto Harapkan Kelurahan Depok Menjadi Wilayah Percontohan UMKM di Kota Depok

Depok | detikNews – Hadiri acara ‘Depok Keren’ di Gedung Graha Imanuel, Jalan Pemuda Raya, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. H.Imam Musanto.S.Pd.MM anggota DPRD Kota Depok Komisi D F-PKS berharap, UMKM Kelurahan Depok bisa menjadi contoh serta menjadi tolok ukur bagi wilayah lainnya, dalam upaya mendukung program pemerintah meningkatkan perekonomian kearifanlokal.

H.Imam Musanto mengatakan, bahwa wilayah pusat Kota adalah wilayah pusatnya aktifitas seluruh kegiatan masyarakat. Jadi, idealnya wilayah Kelurahan Depok bisa menjadi contoh bagi wilayah lain, sebagai wilayah yang tertib administrasi, dan sukses dalam menjadi pelaku UMKM.

“Wilayah pusat Kota berfungsi sebagai pusat pemukiman dan aktivitas manusia,  sehingga keberadaannya menjadi sangat penting bagi wilayah disekitarnya dalam kegiatan perdagangan, pemerintahan, industri dan kebudayaan. Hal tersebut pun telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 1987 mengenai Penyusunan Rencana Kota”, ucap Bang Imun, Sabtu 18/6/2022.

Baca juga:  Pemkot Depok Tutup TPS Liar di Bantaran Situ Rawa Besar

“Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah istilah umum dalam dunia perekonomian masyarakat yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria, dan hal ini telah ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. Jadi, UMKM adalah salah satu solusi cerdas bagi perbaikan perekonomian masyarakat yang telah terpuruk akibat dari dampak Pandemi yang berkepanjangan”, sambungnya.

Ketua Perbakin Kota Depok ini menilai, bahwa acara ‘Depok Keren’ adalah wadah ajang sosialisasi market produk (Pemasaran), bagi para pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Depok, dirinya menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut harus sering dilakukan guna mempercepat regulasi penjualan produk para anggota UMKM Kelurahan Depok.

Baca juga:  Siti Aisyah Nasution Divonis 3 Tahun 6 Bulan Penjara karena Menipu Ratusan Mahasiswa IPB dengan Pinjaman Online

“Pada dasarnya, strategi pengembangan bisnis dan penjualan, adalah salah satu proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, memelihara, memperoleh klien baru, serta membuka peluang untuk mencapai pertumbuhan bisnis (Profitabilitas). Jadi, acara ‘Depok Keren’ ini adalah salah satu bentuk pengembangan dan strategi pemasaran, yang cerdas bagi para pelaku usaha, dalam proses memperbaiki pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang”, sambungnya.

“Secara otomatis, dengan meningkatkan strategi pemasaran, kualitas, serta kuantitas produksi, tentunya akan menggerakkan pikiran, tenaga, serta badan usaha untuk mencapai tujuan utamanya yakni : berjalannya regulasi perekonomian masyarakat, sebagai upaya membangkitkan kembali gairah bisnis para pelaku usaha, untuk dapat menumbuhkembangkan roda perekonomian yang sempat terhenti”, ungkap Bang Imun.

Baca juga:  Karutan Depok Pindah Tugas ke Lapas Kota Agung

Lebih lanjut Bang Imunenambahkan, langkah-langkah pengembangan ide-ide kreatif untuk membuka peluang usaha baru sangat perlu dilakukan secara berkala, terstruktur, dan terarah, harus segara diambil agar para pelaku UMKM bisa terus konsisten dalam menjalankan roda bisnisnya”, lanjutnya.

“Semoga acara ‘Depok Keren’ ini dapat menghasilkan pundi-pundi harapan baru bagi masyarakat khususnya di Kelurahan Depok, terutama bagi para pelaku UMKM yang akan menjadi suatu prospek peluang usaha masa depan. Semoga juga dunia UMKM di Kelurahan Depok semakin Maju, Berbudaya, dan Sejahtera bersama-sama”, pungkasnya.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait