website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 8:40:42 WIB

ASDP Ungkap 116.255 Mudik Asal Sumatera Belum Kembali ke Pulau Jawa

Jakarta | detikNews – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaporkan, arus mudik tahunan para pemudik yang dikenal dengan mudik atau balik pada musim liburan Lebaran 2023 ini berjalan lancar dan aman. Hingga H+2 hingga H+7 Lebaran, sudah ada 803.799 penumpang atau 180.213 kendaraan yang mudik dari Sumatera ke Jawa, Senin (1/5/2023).

Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), M Yusuf Hadi mengatakan, arus balik jalur Bakauheni-Merak terkendali dan tidak terlalu padat hingga H+8 Lebaran. Ia juga menilai keberhasilan tersebut berkat kerjasama berbagai pihak yang mendukung angkutan Lebaran, antara lain Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, TNI, Polri, Pemerintah Provinsi Banten dan Lampung. , operator kapal yang mempersiapkan kapalnya dengan baik, organisasi yang terlibat dalam pengelolaan kendaraan, dan yang terpenting, para pengguna kapal ferry yang mengikuti arahan Presiden Jokowi untuk membeli tiket sebelum tiba di pelabuhan.

Baca juga:  Salurkan Air Bersih, M.Khalid Bersama RKI Kelurahan Depok Konsisten Melayani Masyarakat

Yusuf juga menyampaikan apresiasinya kepada media yang telah membantu mempromosikan dan mendukung kelancaran arus mudik dan balik selama Lebaran 2023 dan mengedukasi para pemudik untuk membeli tiket secara mandiri melalui aplikasi dan website Ferizy.

Sementara itu, Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menyatakan hingga Minggu (30/4) atau H+7, sebanyak 803.799 penumpang telah kembali dari Sumatera ke Jawa, terhitung 87% dari total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada masa mudik dari Rabu (12/4) atau H-10 hingga Sabtu (22/4) atau H. Dengan demikian, diperkirakan ada 116.255 penumpang atau 13% dari total penumpang yang berangkat dari Jawa ke Sumatera selama masa mudik belum kembali ke Jawa.

Baca juga:  Ini Hasil Imbauan Kapolri: Penurunan 13% Kendaraan Pada Arus Balik 24-25 April Berdampak

Menurut Shelvy, akhir pekan Sabtu (29/4) dan Minggu (30/4) menjadi puncak kedua arus balik di jalur Bakauheni-Merak seiring meningkatnya arus lalu lintas kendaraan roda dua, mobil pribadi, dan bus. secara signifikan. ASDP memastikan kapasitas kapal dan pelabuhan cukup untuk menampung kendaraan dan pemudik yang akan kembali ke Pulau Jawa.

Lebih lanjut Shelvy mengungkapkan, hingga Minggu (30/4) atau H+7, 91% atau 66.339 unit kendaraan roda dua dan 91% atau 100.707 unit mobil pribadi telah kembali ke Jawa, menyisakan 9% atau 6.230 unit kendaraan roda dua. kendaraan roda dan 9% atau 9.648 unit mobil pribadi masih ada di Sumatera.

Baca juga:  Kapolda Jateng Menyampaikan Pesan Kebangsaan di Acara Orasi Cipayung Plus: Polri sebagai Sahabat Masyarakat

Kesimpulannya, arus mudik dan balik yang lancar dan terkendali selama Lebaran 2023 adalah hasil dari infrastruktur pelabuhan yang memadai, kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, dan kepatuhan pemudik terhadap peraturan dan instruksi. Pemerintah juga memiliki rencana darurat untuk mengalihkan lalu lintas ke pelabuhan lain jika perlu.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait