website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 22:39:44 WIB

Banyak Penumpang MRT Mulai Lepas Masker Setelah Aturan Resmi Dicabut: Pandangan Beragam Mengenai Penggunaan Masker

Jakarta | detikNews –  Peraturan mengenai penggunaan masker di transportasi umum secara resmi dicabut. Dalam pantauan detikcom pada Minggu (11/6/2023) sore, terlihat bahwa banyak masyarakat yang sudah mulai melepas masker saat memasuki MRT. Namun, masih ada beberapa penumpang yang tetap menggunakan masker mereka.

Salah seorang penumpang MRT bernama Dika mengaku bahwa sejak aturan penggunaan masker dicabut, ia tidak lagi memakai masker. Menurutnya, saat ini Covid-19 sudah tidak ada lagi.

“Dalam situasi di mana Covid tidak lagi ada, mengapa kita harus menggunakan masker kecuali untuk orang yang sedang sakit,” ujar Dika di MRT Bundaran HI pada Minggu (11/6/2023).

Baca juga:  Kota Depok Kembali Raih Predikat Nindya Enam Kali Beruntun, Wakil Walikota Ungkapkan Ini

Dika, yang sebelumnya pernah terinfeksi Covid-19, menyebut bahwa ia tidak lagi takut tertular virus tersebut atau penyakit lainnya. Baginya, segala hal itu tergantung pada sugesti diri sendiri.

“Semuanya bergantung pada sugesti, jika kita meyakini bahwa kita sakit, maka kita akan sakit,” tambahnya.

Pendapat Dika didukung oleh Fahri, seorang penumpang MRT lainnya, yang menyatakan setuju dengan keputusan pemerintah untuk mencabut aturan penggunaan masker. Fahri juga yakin bahwa Covid-19 sudah tidak ada lagi.

Baca juga:  Yamaha R-Series Club Magelang Adakan Santunan Kepada Yatim Pintu

“Saya setuju dengan keputusan pemerintah untuk mengizinkan melepas masker. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan bahwa Covid-19 sudah tidak ada,” katanya.

Namun, Fahri menambahkan bahwa sebaiknya masker tetap digunakan saat menggunakan transportasi umum untuk mencegah penularan penyakit.

“Lebih baik menggunakan masker saat berada di transportasi umum. Lebih baik mencegah daripada menyesal. Jika merasa sakit, lebih baik tetap menggunakan masker. Namun, jika merasa sehat, tidak masalah untuk melepasnya,” tambahnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 26/SE/2023 Tentang Imbauan Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Dalam Sarana dan Prasarana Angkutan Umum pada Masa Transisi Menuju Endemi.

Baca juga:  Kritik Pedas dari Ketua Komisi A Terhadap Absensi Camat dan Lurah di Depok

Dalam surat edaran terbaru tersebut, disebutkan bahwa penumpang angkutan umum diperbolehkan tidak menggunakan masker jika dalam kondisi sehat. Namun, penumpang tetap diimbau untuk menggunakan masker jika mereka dalam kondisi sakit.

Ketentuan ini juga berlaku di MRT Jakarta. Melalui akun Twitter resmi, MRT menyatakan bahwa penumpang boleh tidak menggunakan masker jika dalam kondisi sehat. Kebijakan serupa juga diterapkan oleh TransJakarta, yang saat ini mengizinkan penumpang untuk tidak menggunakan masker.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait