website statistics
21.4 C
Indonesia
Mon, 20 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Monday, 20 May 2024 | 5:22:03 WIB

Camat Gunung Kaler Kukuhkan Kepengurusan FPK Periode 2022-2027

Tangerang | detikNews – Pengukuhan Kepengurusan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang untuk periode 2022-2027 berlangsung sukses. Acara ini dilakukan di Aula Lantai dua Gedung Kecamatan Gunung Kaler dan dipimpin oleh Camat Kecamatan Gunung Kaler, Sumartono, S.STP, M.Si.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh dan perwakilan masyarakat, termasuk Ketua dan Pengurus yang di Wakili oleh Wakil Ketua FPK Kabupaten Tangerang, Danramil, Kapolsek, MUI, dan Kepala Desa Se Kecamatan Gunung Kaler, serta pegawai dan staf Kecamatan dan Instansi Vertikal, Kamis (3/08/2023).

Tujuan dari pembauran kebangsaan adalah untuk mengintegrasikan anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, dan etnis melalui interaksi sosial dalam berbagai aspek kehidupan, seperti bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, dan perekonomian, guna membangun kesatuan bangsa Indonesia tanpa menghilangkan identitas, ras, suku, dan etnis masing-masing dalam NKRI.

Baca juga:  Maling Motor di Klinik Dr. Jueni Terekam CCTV

FPK Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang, yang dipimpin oleh Amrullah, A.Md, S.Pd.I, merupakan wadah bagi berbagai suku bangsa yang ada di Kecamatan Gunung Kaler untuk bersatu dan berpartisipasi dalam memajukan pembauran kebangsaan.

Dalam sambutannya, Sumartono, S.STP, M.Si menyampaikan bahwa pengukuhan ini merupakan langkah legal dalam membentuk kepengurusan FPK Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang yang akan melaksanakan tugasnya dengan baik.

Baca juga:  Masa Berlaku SIM Seumur Hidup?, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni Setuju dengan Syarat

FPK diinisiasi berdasarkan Peraturan MENDAGRI Nomor 34 TAHUN 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah, yang merupakan bagian penting dari upaya untuk meningkatkan kerukunan nasional dan persatuan bangsa.

Tujuan dari FPK adalah sebagai wadah untuk informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antar warga masyarakat, dengan tujuan utama untuk memperkuat pembauran kebangsaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, penyelenggaraan FPK perlu didukung oleh masyarakat dan pemerintah dengan koordinasi yang baik antar aparat pemerintah dan instansi terkait secara profesional. Selain itu, penguatan kelembagaan FPK juga menjadi tanggung jawab pemerintah, dengan mengedepankan semangat Pancasila dan meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan, serta menciptakan harmonisasi di tengah keragaman suku, ras, dan agama.

Baca juga:  Pemkot Bandung Serahkan KTP Elektronik Kepada Warga Binaan Lapas Banceuy Menjelang Pemilihan Umum

Camat meyakini bahwa FPK Kecamatan Gunung Kaler ini akan menjadi garda terdepan dalam menjaga ketertiban, memberikan kenyamanan, dan memastikan kondusifitas di masyarakat secara swadaya. Dalam forum ini, segala potensi perpecahan persatuan akan diantisipasi.

Seluruh pengurus FPK Kecamatan Gunung Kaler diharapkan menjaga koordinasi dengan pihak Pemkab untuk mengoptimalkan program kerja yang telah diagendakan.

Acara pengukuhan berjalan dengan lancar dan kondusif, menegaskan komitmen untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia yang bersatu, aman, dan damai. (Saepuin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait