website statistics
29.4 C
Indonesia
Wed, 8 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Wednesday, 8 May 2024 | 11:36:37 WIB

Damkar Gelar Pelatihan 1005 Redkar Kota Depok

Depok | detikNews – Dalam rangka meningkatkan kompetensi Satuan Tugas Relawan Kebakaran (Satlakar), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok kembali menggelar simulasi kebakaran, yang berlokasi di Pos Satlakar jalan Merdeka Raya Kelurahan Abadi Jaya Kecamatan Sukmajaya, Selasa (21/3/2023).

Pada rangkaian kegiatan tersebut, Kabid Pencegahan dan Penyuluhan Masyarakat pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Nelson Da Silva mengatakan, dalam enam bulan sekali atau satu semester, pihaknya mengumpulkan Relawan Damkar (Redkar), untuk berkumpul dan melakukan kegiatan pelatihan.

Baca juga:  Semarak Pekan Koperasi Kota Depok 2023, Sunatan Massal Gratis Memperingati Hari Koperasi ke-76

“Pelatihan ini sifatnya pemanasan, untuk mengingatkan kembali tugas dan fungsi sebagai Relawan”, ujarnya saat dikonfirmasi oleh detikNews.co.id.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan saat ini, lanjut Nelson, berjumlah 1005 Relawan yang berasal dari 63 Kelurahan dan 6 Relawan Pasar se-Kota Depok.

ket foto : Para Satlakar dan Redkar menggunakan Apar saat simulasi.

Lebih dalam diungkapkannya, semua yang hadir kita undang dalam rangka selain mengingatkan tugas dan fungsi, juga memberikan simulasi kepada anggota anggota baru yang mengikuti giat saat ini.

“Bagi anggota baru, kami berikan pelatihan atau simulasi dengan teknik modern dan tradisional”, terang Kabid.

Baca juga:  Menteri Muhadjir Effendy Inspeksi Kesiapan Transportasi Idul Fitri 2023 di Terminal Kampung Rambutan

Lebih cermat Nelson menerangkan saat simulasi, Yang dimaksud dengan dua cara pemadaman yakni,  cara modern meliputi teknik pemadaman menggunakan alat alat pemadam api ringan (Apar). Sedangkan cara simulasi pemadaman tradisional, yaitu menggunakan karung goni dan drum, yang selanjutnya drum diisi oleh air dan disiram minyak.

“Saya Berharap dengan kegiatan simulasi ini, relawan lebih sigap lagi dan lebih dalam mengetahui tupoksi, meskipun relawan bukan petugas inti Damkar”, harapnya.

Baca juga:  Rubicon Kabur Setelah Menyerempet Mobil Lain di Tol JORR, Videonya Viral Saat Ditegur Malah Tancap Gas!

Selain itu, Kabid pencegahan dan penyuluhan masyarakat Dinas Damkar Kota Depok, dalam momen kegiatan simulasi, sempat apresiasi dan akan memberikan piala kepada 15 Satlakar terbaik, yaitu Suharja dan tim kelurahan Sukamaju, tutupnya.

Untuk diketahui Relawan (Redkar-red) Kota Depok sering diundang oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait jumlah terbanyak relawan se-Nasional, dan semua relawan berlegalitas sk yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Damkar. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait