website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 7:05:06 WIB

Dukungan AS Mencurahkan Bantuan Tambahan Rp 3 Triliun untuk Ukraina dalam Perlawanan Terhadap Invasi Rusia

Jakarta | detikNews – Amerika Serikat (AS) dengan tegas memberikan bantuan kemanusiaan senilai 205 juta USD atau sekitar Rp 3 triliun kepada Ukraina. Bantuan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan mendasar seperti makanan, air minum, dan lain sebagainya, dalam rangka mendukung upaya Ukraina dalam melawan invasi Rusia.

Seperti yang dilaporkan oleh AFP pada Jumat (16/6/2023), bantuan tersebut akan didistribusikan melalui LSM mitra yang beroperasi di wilayah tersebut. Tujuan dari bantuan ini juga adalah untuk membantu para korban konflik agar dapat mempertahankan kontak dengan anggota keluarga yang terpisah akibat situasi yang sulit.

Baca juga:  Ian Kasela dan Grup Musik Radja Terancam Pembunuhan Usai Tampil di Konser Malaysia

“Dalam upaya kami untuk mengakhiri perang agresi Rusia dengan segera, kami meminta Rusia untuk memfasilitasi akses tanpa hambatan bagi penyedia bantuan kemanusiaan di Ukraina serta memberikan jalur yang aman bagi mereka yang ingin pindah ke daerah yang lebih aman,” ungkap Antony, seorang Diplomat Tinggi AS.

Sejak invasi Rusia yang dimulai pada bulan Februari 2022, lebih dari enam juta orang diketahui telah melarikan diri dari Ukraina. Data ini didasarkan pada informasi yang diperoleh dari Departemen Luar Negeri AS.

Baca juga:  AS Umumkan Keadaan Darurat Setelah Badai Dahsyat & Tornado Tewaskan 26 Orang

Hingga saat ini, Amerika Serikat telah memberikan total bantuan kemanusiaan sebesar 2 miliar USD kepada Ukraina sejak dimulainya perang. Selain itu, AS juga telah memberikan bantuan militer senilai 40 miliar USD untuk memperkuat pertahanan Ukraina dalam menghadapi pasukan Rusia.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait