website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 11:12:07 WIB

Eks Penyidik KPK Novel Baswedan Menguak Dugaan Keterlibatan Ketua KPK Firli Bahuri dalam Kasus Bocornya Dokumen Penyelidikan Kementerian ESDM

Jakarta | detikNews – Diketahui, isu ini bermula dari cuitan viral di Twitter pada Kamis (6/4). Tampak tangkapan layar pesan Whatsapp berisi informasi dokumen pemeriksaan rahasia KPK yang ditemukan dalam penggeledahan kantor Kementerian ESDM, khususnya di ruang kepala biro hukum pada 27 Maret 2023. Penghuni ruangan itu diketahui berinisial X.

Disebutkan, tujuan penyampaian dokumen tersebut adalah untuk mengimbau X agar berhati-hati dan melakukan pencegahan terhadap upaya penegakan hukum yang dilakukan KPK. Hal itu tentu membuat kiprah KPK dalam mengusut kasus korupsi di Kementerian ESDM menjadi sia-sia.

Baca juga:  Novel Baswedan Desak Pegawai KPK Laporkan Firli Soal 'Dokumen Bocor'

Alhasil, Pengurus Pusat Komunitas Aktivis Muda Indonesia (PB KAMI) melaporkan Firli atas kasus pembocoran dokumen tersebut. Firli diduga melanggar kode etik.

“Kami melaporkan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Ketua KPK Firli Bahuri”, kata Ketua PB KAMI Sultoni di gedung KPK Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023).

Ketua KPK Firli Bahuri dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait kasus kebocoran dokumen tersebut. Menanggapi hal tersebut, Firli menyatakan komitmennya untuk memberantas korupsi.

Baca juga:  Kasus Korupsi Tukin ASN di Kementerian ESDM Terbongkar: Berawal dari Modus Salah Ketik dan Diusut Tuntas oleh KPK

“Komitmen saya hanya satu, membersihkan negara ini dari korupsi. Tangkap dan tahan tersangka, siapapun mereka, dan serahkan ke pengadilan”, ucapnya saat dihubungi, Kamis (6/4/2023).

Firli menegaskan KPK di bawah kepemimpinannya bekerja secara profesional dan imparsial. Ia pun berjanji akan bekerja maksimal untuk Indonesia.

“KPK bekerja secara profesional dan imparsial. Tugas pemberantasan korupsi akan saya selesaikan sampai Indonesia bersih dari korupsi”, ungkapnya.(Arf)

Baca juga:  Plh Dirjen Minerba Kementerian ESDM Diperiksa KPK Terkait Kasus Dugaan Korupsi Tunjangan Kinerja dan Pengaliran Uang
Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait