website statistics
29.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 16:32:59 WIB

Ekspresi Budaya Betawi Depok “Motong Kebo Andilan” dan Semangat Gotong Royong

Depok | detikNews – Hari kedua Lebaran Depok tahun ini menghadirkan tradisi yang tak hanya mengundang antusiasme masyarakat setempat, tetapi juga menyimpan nilai-nilai kebersamaan yang kuat. Tradisi memotong hewan kebo dari hasil patungan atau andilan telah menjadi agenda utama pada perayaan Lebaran Depok 2023, yang berlangsung sejak tanggal 17 hingga 20 Mei di Perumahan Garden at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari.

Momen bersejarah ini turut disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, yang memberikan pengarahan mengenai makna dan pentingnya tradisi andilan dalam kehidupan masyarakat. Ia menjelaskan bahwa tradisi ini menjadi perekat kebersamaan dan upaya meringankan warga Betawi Depok yang membutuhkan daging untuk menyambut Lebaran melalui cara patungan.

Baca juga:  Tingkatkan Daya Saing UMKM di Era Digital, Kelurahan Duren Seribu Gelar Pelatihan Menjahit dan Digital Marketing 

“Andilan ini memiliki nilai gotong royong, kebersamaan, dan mencerminkan cita-cita kita sebagai warga Depok,” ujar Supian Suri di tengah-tengah acara pemotongan hewan kebo andil pada Kamis (18/05/23).

Lebih lanjut, Supian Suri mengungkapkan, “Dulu, jika ingin makan daging, kita tidak bisa melakukannya sendiri, tetapi harus melibatkan orang lain dan saling berperan. Inilah esensi dari tradisi andilan ini,”tandasnya.

Baca juga:  Berikan Rasa Aman Nyaman Jelang Hari Raya Idul Fitri, Dishub Kota Bandung Lakukan Ini

Selaras dengan pandangan Sekda, Ketua Umum Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD), Ahmad Dahlan, menambahkan bahwa andilan atau partisipasi dalam membeli kebo adalah kegiatan yang memiliki nilai sejarah dan edukatif, terutama bagi generasi penerus masyarakat Depok.

“Apa yang disampaikan oleh Bapak Sekda Supian Suri benar adanya. Kami di KOOD ingin mengajarkan nilai kebersamaan melalui prosesi andil kebo pada perayaan Lebaran Depok. Jika kita memiliki tujuan dan cita-cita untuk membangun Kota Depok, maka semua pihak harus berperan aktif,” jelas Ahmad Dahlan.

Baca juga:  Supian Suri Berharap Program Kampung Keluarga Berkualitas Sejalan dengan Inisiatif Unggulan Kota Depok

Ahmad Dahlan juga menekankan pentingnya kontribusi meski sekecil apapun dalam membangun Kota Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera. Ia berharap tradisi andilan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Depok untuk terus memupuk semangat gotong royong dan berperan aktif dalam memajukan kota. (Edh)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait