website statistics
28.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 11:47:45 WIB

Evakuasi Warga Negara Indonesia dari Sudan: Kewajiban Pemerintah Menurut Mahfud Md

Jakarta | detikNews – Menko Polhukam Mahfud Md telah mengumumkan bahwa pemerintah Indonesia sedang melakukan evakuasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak perang di Sudan. Menurutnya, tindakan tersebut merupakan kewajiban pemerintah untuk menyelamatkan WNI yang terdampak perang.

Mahfud juga menjelaskan bahwa pemerintah telah mengantisipasi hal ini dan terus berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. TNI juga akan segera melakukan operasi penyelamatan WNI yang masih berada di Sudan. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan proses evakuasi ribuan WNI tersebut hingga nantinya tiba di Indonesia.

Baca juga:  Pengecekan Kapolri di Terminal Purabaya untuk Memastikan Kesehatan Sopir dan Kelaikan Bus dalam Operasi Ketupat Lebaran 2023

Saat ini tercatat ada 1.209 WNI yang berada di Sudan, di mana 291 di antaranya telah berada di Port Sudan dan menunggu diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi. Yudo menjelaskan bahwa WNI tersebut akan terlebih dahulu dievakuasi menuju Jeddah melalui jalur laut.

Setelah tiba di Jeddah, WNI akan diberangkatkan ke Indonesia menggunakan pesawat komersial. TNI siap dengan semua kemungkinan yang ada, termasuk menambah pesawat jika dibutuhkan.

Baca juga:  Pasutri Klaten Bersama 2 Anak Ditemukan di Lereng Lawu Dalam Kondisi Mengharukan

Dengan evakuasi ini, pemerintah Indonesia menunjukkan komitmennya untuk melindungi dan menyelamatkan warga negaranya yang terdampak perang di luar negeri. Semoga operasi penyelamatan ini dapat berjalan lancar dan selamat untuk semua pihak yang terlibat.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait