website statistics
25.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 18:41:40 WIB

Gempa Dahsyat dengan Kekuatan 7,2 Magnitudo Mengguncang Tonga Tanpa Ancaman Tsunami

Tonga | detikNews – Gempa bermagnitudo 7,2 mengguncang negara Pasifik, Tonga, tanpa adanya peringatan tsunami. Berdasarkan laporan yang dilansir oleh AFP pada Jumat (16/6), gempa tersebut terjadi setelah pukul 07.00 waktu setempat, dengan kedalaman 167 kilometer dan berjarak sekitar 290 kilometer barat daya dari ibu kota Nuku’alofa, menurut Survei Geologi Amerika Serikat.

Baca juga:  Langkah Berani Ketua LSM Penjara: Dugaan Penyalahgunaan Dana BOS SMK N 4 Lubuklinggau Dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Lubuklinggau!

Gary Vite, Kepala ahli meteorologi di Layanan Meteorologi Tonga, menyatakan bahwa tidak ada laporan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa ini. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga memastikan bahwa tidak ada potensi tsunami yang terjadi.

Seorang resepsionis di hotel Little Italy di Nuku’alofa, bernama Veisina Sangusangu, melaporkan bahwa gempa tersebut berlangsung selama 30 detik. Ia juga menambahkan bahwa gempa tersebut lebih kuat daripada gempa biasa yang biasanya dirasakan, dengan bangunan-bangunan berguncang.

Baca juga:  Tragedi Kecelakaan Kapal: Topan Doksuri Landa Filipina, 19 Jiwa Melayang

Tonga terletak di wilayah yang dikenal sebagai “cincin api” Pasifik, di mana lempeng tektonik sering kali mengalami pergeseran. Karena itu, daerah ini sering mengalami aktivitas seismik.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait