website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 0:05:21 WIB

Hindari Makanan Perusak Diet yang Bikin Cepat Lapar

Depok | detikNews – Saat menjalani diet, penting untuk memilih asupan makanan yang tepat agar diet berhasil dan tidak membuat cepat lapar. Beberapa makanan sebenarnya dapat merusak diet, baik yang terlihat tidak sehat maupun yang terlihat sehat tetapi kurang cocok dikonsumsi saat diet.

Salah satu makanan yang perlu diwaspadai adalah yogurt kemasan yang sering dipasarkan sebagai “rendah lemak”. Meskipun demikian, yogurt ini sering mengandung pemanis yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, sehingga seseorang merasa lapar lebih cepat. Sebaiknya, pilih yogurt full-fat yang mengandung lebih banyak protein dan lebih mengenyangkan. Tambahkan topping sehat seperti granola, buah segar, atau kacang-kacangan untuk nutrisi tambahan.

Baca juga:  Menentukan Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Karbohidrat sesuai dengan Tujuan Anda

Telur sering menjadi pilihan makanan saat diet, tetapi penting untuk mengonsumsinya dengan tepat. Pastikan untuk mengonsumsi telur utuh yang mengandung putih dan kuningnya agar mendapatkan nutrisi maksimal. Hindari mengonsumsi hanya putih telur, karena hanya mengonsumsi putih telur tidak akan memberikan rasa kenyang yang cukup karena sebagian besar isinya adalah udara.

Sereal merupakan pilihan makanan yang sehat, tetapi perlu diwaspadai jika ditambahkan dengan pemanis buatan. Konsumsi sereal dengan pemanis buatan dapat mempengaruhi kadar gula darah dengan buruk. Lebih baik memilih sereal alami dan menambahkan buah segar untuk memberikan rasa manis alami dan serat tambahan.

Baca juga:  Jamur sebagai Opsi Makanan Diet yang Sehat: Tips Konsumsi yang Tepat

Jus buah juga termasuk dalam makanan yang membuat cepat lapar. Jus buah kemasan sering tinggi kandungan gula dan rendah serat, sehingga mudah dicerna dan mengakibatkan penurunan energi yang cepat. Sebaiknya, lebih baik mengonsumsi buah utuh yang mengandung serat dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Nasi putih, yang sering menjadi favorit di Asia, sebenarnya kurang baik untuk diet. Nasi putih kurang mengandung serat dan dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Sebaiknya, pilihlah nasi cokelat atau nasi basmati yang lebih tinggi serat dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Baca juga:  Cara Kreatif Mengolah Sisa Lemon agar Tak Terbuang Percuma

Dalam menjalani diet, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar dapat mencapai tujuan penurunan berat badan dengan lebih efektif. Pilihlah makanan rendah kalori, mengenyangkan, dan membantu membakar lemak. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan individu saat menjalani diet. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait