21.4 C
Indonesia
Ming, 27 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Minggu, 27 November 2022 | 3:20:51 WIB

Jurnalis Depok Bersama BPJS Ketenagakerjaan Gelar Ngopi Berkawan Soal Perisai

Depok | detikNews – Kamis sore, 24 November 2022 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Depok menggelar kegiatan ‘Ngopi Pintar Bersama Wartawan’ (Ngopi Berkawan).

Di moment tersebut, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok, Achiruddin mengajak media massa Kota Depok, untuk senantiasa membantu menginformasikan terkait program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat luas, untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Saat ini BPJS Ketenagakerjaan memiliki Program Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) yakni lebih menekankan pada sistem kerjasama dengan masyarakat yang biasa disebut dengan kata agen”, ujarnya.

Agen-agen tersebut lanjutnya, setelah diberi pelatihan dan pembimbingan, nantinya akan bertugas untuk mengedukasi, mensosialisasi serta memberikan pemahaman program-program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat.

Seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Baca juga:  Pembangunan Rehab Ruang Kelas SMP Negeri 2 Pangudrotan Pahae Julu Terkesan Asal Jadi 

“Di Kota Depok ini kita baru mempunyai enam agen, dan ini masih sangat minim sekali mengingat Depok ada sebelas Kecamatan. Untuk itu, bagi para masyarakat Kota Depok yang mau mendaftarkan menjadi agen silakan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Syaratnya sangat mudah minimal berpendidikan SMA, dan mempunyai nomor rekening”, tutur Achiruddin.

Dia juga mengungkapkan, BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya untuk orang yang berkerja di kantoran saja. Namun, diperuntukkan bagi semua masyarakat yang bekerja, baik itu pedagang, serta driver Ojek Online pun bisa mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri.

“Pekerja rentan diantaranya terdiri dari : Marbot Masjid, Pengurus Jenazah, Penjaga Rumah Ibadah, Penggali Kubur, Pembimbing Rohani, Pemulung, Petugas Kebersihan, Penjaga Kebersihan, Penjaga Keamanan Masyarakat, dan Pedagang Asongan itu bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan”, bebernya.

Baca juga:  Lapas Kelas II Masamba, Memberikan Pencerahan Agama Kepada Binaan

“Setelah mereka terdaftar menjadi peserta BPJS, dan sehari kemudian tiba-tiba meninggal dunia saat melakukan aktivitas pekerjaan mereka, itu akan tetap mendapatkan santunan sebesar Rp.42 juta yang akan di berikan kepada Ahli Waris”, ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Sidik Mulyono menyebutkan, bahwa BPJS Ketenagakerjaan ini banyak sekali manfaatnya.

“Jika kita mendaftar, bukan peserta saja yang merasakan manfaatnya. Namun, keluarga pun ikut menerimanya”, tutur Sidik Mulyono.

Dalam kesempatan itu, Sidik juga mengajak para awak media, untuk ikut serta dalam kepesertaan BPJS, sebagai langkah antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:  Peringati Tahun Baru Islam 1444 H, MT.Balwan Hadirkan Ustadz Kece Da'i TV-ONE Sebagai Penceramah

“Hanya dengan Rp.16.800 per-orang per-bulan, bisa terlindungi dari risiko kecelakaan kerja, dan kematian”, pungkas Sidik.

Ditempat yang sama, Ketua Majelis Taklim Balai Wartawan (MT.Balwan) Kota Depok, Adi Rakasiwi sangat mengapresiasi dengan adanya program Perisai dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Alhamdulillah, Pengurus dan Anggota MT. Balwan Kota Depok diundang silaturahmi dalam kegiatan ‘Ngopi Berkawan’ (Ngobrol Pintar  BPJS Ketenagakerjaan) Cabang Depok. Tentunya saya sangat apresiasi, selain silaturahmi, kami juga mendapatkan wawasan mengenai manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan”, ucap Adi.

“Kami berharap, kedepannya BPJS akan terus bersinergitas dengan MT. Balwan, baik dalam kegiatan sosialisasi, maupun kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi Wartawan yang tergabung di MT. Balwan Kota Depok”, tutupnya. (Emy)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait