website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 9:32:23 WIB

Keberhasilan Pokmas Kelurahan Tapos dalam Pemberdayaan Masyarakat

Depok | detikNews – Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, berhasil menunjukkan keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan kelompok masyarakat (Pokmas). Ghalih Catur Prasatya, Kasie Ekbang Kelurahan Tapos, memberikan apresiasi tinggi terhadap hasil positif yang telah dicapai oleh Pokmas di wilayah tersebut.

Menurut Ghalih, kegiatan yang dilaksanakan oleh Pokmas telah memenuhi standar yang ditetapkan, dan dampaknya sangat dirasakan oleh warga sekitar. Salah satu contohnya adalah pembangunan sumur resapan yang berhasil mengatasi permasalahan penampungan air saat hujan. 

“Sebelumnya, daerah tersebut sering mengalami genangan air, tetapi berkat sumur resapan, masalah tersebut berhasil diatasi,” ujar Ghalih, Rabu (22/11/2023)

Baca juga:  Politisi Senior PKS Ini Ungkapkan Terima Kasih, Harapan dan Semangat Sambut Ramadhan 1445 H

Tak hanya itu, keberhasilan juga terlihat dari pelaksanaan proyek drainase di RW 2 dan RW 4 yang dilakukan oleh Pokmas Mandiri Raya.

Ghalih mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran pelaksanaan proyek-proyek tersebut, yang ternyata memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Ghalih Catur Prasatya, Kasie Ekbang Kelurahan Tapos saat mengawasi kegiatan drainase yang belum selesai di kerjakan

“Alhamdulillah, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pokmas berjalan sesuai rencana dan spek. Termasuk proyek drainase di RW 04,” ungkap Ghalih.

Lebih lanjut, Ghalih menjelaskan bahwa perbandingan dengan dinas teknis tidak selalu sejalan. Pokmas hadir dengan tujuan pemberdayaan masyarakat, yang membedakannya dari lembaga teknis lainnya. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, Ghalih percaya bahwa evaluasi tersebut dapat menjadi landasan untuk perbaikan sebelumnya.

Baca juga:  Kunjungi Jajaran Forkopimda, Lintas Ormas se-Kecamatan Panmas Siap Menjadi Partner Kerja Pemkot Depok

“Pokmas hadir sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, dan tentunya jika dibandingkan dengan dinas teknis, akan ada perbedaan. Kekurangan yang ada harus menjadi evaluasi bagi kita untuk memperbaiki agar kedepannya lebih baik lagi. Yang penting hasilnya sesuai dengan standar yang ditetapkan,” tambah Ghalih.

Ketika ditanya tentang kendala, Ghalih dengan tegas menyatakan bahwa tidak ada kendala yang signifikan. Pekerjaan yang dilakukan oleh warga sekitar, menunjukkan semangat gotong royong dan kebersamaan dalam setiap tahapan kegiatan Pokmas.

Baca juga:  MT Qurrota Ayun, Kyai Waluyo Aminuddin: Menambah Ilmu dan Kebahagiaan Melalui Pengajian Rutin

“Kegiatan Pokmas bermula dari Musrenbang, dilaksanakan oleh Pokmas, dan manfaatnya dirasakan oleh seluruh warga. Ini adalah upaya dari warga dan untuk warga,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Pokmas Mandiri Raya Kelurahan Tapos, Hamid Supriyatna Wijaya mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pekerjaan kegiatan drainase yang telah selesai di laksanakan.

“Alhamdulillah pelaksanaan drainase di RW 2 dan RW 4 telah selesai kami kerjakan, dan untuk U-Ditch, kami memakai U-Ditch kualitas terbaik. Harapan kami pastinya yang tadinya ada pengumpulan air, dengan di pasangnya drainase tidak ada lagi genangan,” ucap Hamid. (Qih/Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait