website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 2:57:45 WIB

Ketua MKD DPR Tegaskan Pentingnya Keterbukaan BK DPRD Tangsel dalam Penanganan Pelanggaran Etik Anggota Dewan

Jakarta | detikNews – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR telah memberikan saran kepada Selatan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat tanpa ragu. Selain itu, MKD juga menyarankan BK DPRD Tangsel untuk membuat loket pengaduan guna mempermudah masyarakat melaporkan dugaan pelanggaran etik anggota dewan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua MKD DPR, Adang Daradjatun, dalam kunjungan kerja di kantor DPRD Tangerang Selatan pada Selasa, 4 April 2024. Adang menekankan bahwa BK DPRD Tangsel harus berani menindak anggota DPRD yang melanggar kode etik, tanpa ragu dan tebang pilih.

Baca juga:  Mengenal Lebih Jauh tentang Crypto Bubble: Apa Itu dan Bagaimana Mekanismenya?

Adang juga menekankan pentingnya keterbukaan BKD dalam menerima aduan dari masyarakat, sehingga setiap orang berhak membuat laporan ke BKD. Ia berharap BKD akan membuka ruang untuk pengaduan dari masyarakat dan membuat proses pencegahan, pengawasan, dan penindakan yang efektif untuk mengatasi dugaan pelanggaran etik anggota DPRD.

Dalam hal ini, MKD DPR memandang pentingnya proses pengawasan dan pencegahan diperlukan dalam menjaga kualitas integritas DPRD Tangsel. Sebab, setiap pelanggaran etik yang terjadi akan berdampak pada citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga DPRD Tangsel itu sendiri.

Baca juga:  Terkait Putusan Gugatan Bantahan, Ketua GNPK-RI Mengirim Surat kepada Ketua Pengadilan Negeri Palembang

Diharapkan, saran yang diberikan MKD DPR ini dapat memberikan manfaat positif bagi DPRD Tangerang Selatan, terutama dalam menjaga kualitas integritas dan kredibilitas anggota DPRD, serta memperkuat kepercayaan masyarakat pada lembaga tersebut.(Arf)

 

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait