website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 20:13:31 WIB

Menghindari Kripto: Pejabat Kemenkeu Rusia Menyarankan Warga untuk Berhati-hati, Hanya Cocok untuk Orang Kaya

detikNews – Kepala Departemen Kebijakan Keuangan Kementerian Keuangan Rusia, Ivan Chebeskov, telah mengeluarkan peringatan kepada warga Rusia terkait investasi dalam cryptocurrency. Menurutnya, mata uang digital yang bersifat aset berisiko tinggi tidak cocok sebagai bentuk tabungan bagi kebanyakan orang. Alih-alih dianggap sebagai alat investasi yang tepat, Chebeskov menyatakan bahwa cryptocurrency sebaiknya hanya dianggap sebagai pilihan investasi bagi orang kaya.

Pernyataan ini disampaikan dalam konferensi blockchain Keuangan Masa Depan Tantangan dan Peluang yang dilaporkan oleh Bitcoin.com pada tanggal 27 Juli 2023. Chebeskov sangat percaya bahwa mengalihkan tabungan warga ke mata uang digital bisa menjadi langkah yang berisiko tinggi dan berpotensi merugikan masyarakat pada umumnya.

Baca juga:  Guncangan Penurunan Harga Bitcoin: XRP, Litecoin, dan Bitcoin Cash Terdampak Aksi Jual Besar-besaran

Tentu saja, ada beberapa alasan di balik anjuran keras dari pemerintah Rusia ini. Pasar mata uang asing di negara ini sedang mengalami penurunan minat, dan pemerintah tentu ingin mencegah potensi kekacauan keuangan akibat fluktuasi nilai mata uang digital yang seringkali tidak stabil.

Sebagai alternatif, Kementerian Keuangan Rusia mengusulkan aset keuangan digital (DFA) yang diatur sebagai opsi yang lebih baik. DFA biasanya berupa token yang dikeluarkan di atas platform blockchain oleh entitas berlisensi yang tunduk pada hukum Rusia. Lebih lanjut, Bank of Russia juga mengharapkan pertumbuhan signifikan di pasar aset keuangan digital yang diatur.

Baca juga:  Nyatakan! NRG Coin Menunjukkan Kekuatan dengan Kenaikan 91 Persen dalam Harga

Penting untuk dicatat bahwa perwakilan dari Kementerian Keuangan menegaskan bahwa aset seperti kripto memang lebih sesuai bagi orang-orang kaya daripada mereka dengan pendapatan dan tabungan rata-rata. Bahkan, pemerintah merekomendasikan hanya menginvestasikan 10 hingga 15 persen dari modal yang tersedia dalam aset semacam itu.

Tercatat bahwa saat ini sekitar 9 persen dari total populasi Rusia, atau sekitar 1 juta orang, memiliki cryptocurrency. Dari jumlah tersebut, setidaknya 1 juta di antaranya adalah pengguna aktif.

Baca juga:  Pengungkapan Revolusioner: CEO Telegram Pavel Durov Mengonfirmasi Memiliki Portofolio Bitcoin yang Substansial

Secara keseluruhan, peringatan dari pemerintah Rusia ini menyoroti pentingnya pendekatan hati-hati terhadap cryptocurrency, terutama bagi orang-orang dengan tingkat pendapatan dan tabungan yang terbatas. Investasi dalam aset berisiko tinggi seperti cryptocurrency memang bisa sangat menguntungkan, tetapi juga membawa risiko yang tinggi. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk melakukan penelitian menyeluruh dan berkonsultasi dengan ahli keuangan sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uang mereka dalam bentuk aset keuangan apa pun. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait