website statistics
22.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 3:42:09 WIB

Mengungkap Fakta Baru: Donald Trump Memiliki Investasi Kripto senilai Hingga Rp 7 Miliar

detikNews – Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, baru-baru ini menjadi sorotan karena mengungkapkan kepemilikan aset dalam bentuk cryptocurrency senilai antara USD 250.000 hingga 500.000 atau sekitar Rp 3,8-7,6 miliar. Pengungkapan ini terjadi dalam laporan keuangan yang dirilis pada bulan lalu.

Aset ini terdaftar sebagai bagian dari apa yang Donald Trump sebut sebagai “dompet mata uang kripto (Ethereum)”. Aset ini nampaknya terkait dengan kumpulan token non-fungible atau NFT, yang dia mulai pasarkan setelah masa jabatannya sebagai Presiden berakhir.

Menurut laporan Forbes pada Senin (14/8/2023), pada bulan Desember tahun sebelumnya, Donald Trump mengumumkan peluncuran “koleksi edisi terbatas” berupa 44.000 NFT. Setiap NFT menggambarkan kartu perdagangan dengan gambar-gambar lucu yang menggambarkan Trump dalam berbagai busana, seperti pemburu berpakaian kamuflase, tukang las, dan pahlawan super.

Baca juga:  Perusahaan Simpan Pinjam Kripto Delio Korea Selatan Melakukan Penangguhan Penarikan Aset untuk Melindungi Pelanggan

Tidak kurang dari USD 99 untuk setiap NFT ludes terjual dalam waktu sehari. Trump dan mitranya, perusahaan bernama NFT INC LLC, kemudian meluncurkan gelombang kedua pada bulan April, dan juga berhasil terjual habis.

Total pendapatan dari penjualan ini mencapai lebih dari USD 8,9 juta. Trump mengklaim sekitar USD 298.000 dalam bentuk biaya lisensi dari usaha ini, yang disimpan dalam dompet kripto yang dikelola oleh entitas yang sama tempat dia mengumpulkan pendapatan dari lisensi, yaitu CIC Digital.

Baca juga:  Dukungan PLN Dongkrak UMKM Mapan dengan Gerobak Listrik dan Perlengkapan Bazaar

Selain itu, terdapat pula beberapa ratus ribu dolar sebagai pendapatan sampingan untuk Trump, dengan perkiraan total nilainya mencapai USD 2,5 miliar. Meskipun demikian, Trump tidak ragu untuk mengambil kesempatan dalam menghasilkan uang, bahkan jika itu melibatkan penjualan produk yang mungkin tidak sesuai dengan preferensinya.

Penting untuk dicatat bahwa dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Trump telah menyuarakan keraguan dan ketidaksetujuannya terhadap mata uang kripto. Pada April 2019, dia berpendapat di Twitter bahwa dia bukanlah penggemar Bitcoin dan mata uang kripto lainnya, menganggapnya bukan sebagai bentuk uang dan sangat fluktuatif. Dia juga mengkhawatirkan bahwa mata uang kripto yang tidak diatur dapat digunakan untuk aktivitas ilegal, termasuk perdagangan narkoba.

Baca juga:  Haru Invest, Perusahaan Kripto Korea Selatan, Mengumumkan Penundaan Penarikan dan Penyetoran Aset

Meskipun komisi sekuritas dan pertukaran semakin aktif mengawasi industri cryptocurrency dan mendekati tokoh terkenal seperti Kim Kardashian, tampaknya mereka masih belum secara signifikan menargetkan pencipta dan perusahaan NFT. Hal ini memberikan indikasi bahwa usaha NFT milik Trump tidak akan menghadapi masalah hukum yang lebih lanjut.

Hingga saat ini, juru bicara Trump belum memberikan tanggapan terhadap permintaan komentar mengenai hal ini. Pemberitaan mengenai kepemilikan mata uang kripto oleh Trump pertama kali dilaporkan oleh Bitcoin.com. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait