website statistics
29.4 C
Indonesia
Wed, 1 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Wednesday, 1 May 2024 | 15:56:26 WIB

Pemantapan Nilai Kebangsaan oleh Lemhannas: Menghadapi Pengaruh Bangsa Lain dengan Waspada

Jakarta | detikNews – Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas) menyelenggarakan program penguatan nilai-nilai kebangsaan bagi Smandel Business Network dan BPJS Ketenagakerjaan. Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto, mengungkapkan keprihatinannya terhadap pengaruh negatif dari kemajuan teknologi yang dapat mempengaruhi nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia. Meskipun pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak positif, informasi yang tersebar di dunia maya dapat membawa nilai-nilai yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan kita.

Andi menjelaskan bahwa adanya peluang nilai-nilai tersebut masuk ke dalam masyarakat perlu menjadi perhatian bersama, terutama bagi peserta program ini sesuai peran dan tanggung jawab mereka masing-masing. Andi menyampaikan pidatonya melalui perwakilan Wakil Gubernur Lemhannas, Letnan Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, di Aula Dwiwarna Purwa Gedung Pancagatra Lt 1, Lemhannas, Jakarta, pada Senin (22/05/2023).

Baca juga:  Ketangkasan Kepolisian dalam Mengamankan 3 Pelajar SMP yang Hendak Tawuran di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat

Dalam sambutannya, Andi menekankan bahwa Smandel Business Network dan BPJS Ketenagakerjaan memiliki tujuan dan komitmen yang kuat untuk mencegah penyebaran nilai-nilai negatif akibat kemajuan teknologi. Komitmen ini perlu didukung dengan pemahaman yang kuat terhadap nilai-nilai kebangsaan, mengingat peserta program ini memiliki latar belakang, pengalaman, persepsi, dan pemahaman yang berbeda terhadap nilai-nilai kebangsaan.

Baca juga:  Insiden Penembakan di Kantor MUI Pusat Jakarta, Satu Karyawan Terluka dan Pelaku Sudah Diamankan

Keikutsertaan Smandel Business Network dan BPJS Ketenagakerjaan dalam acara ini dianggap sangat tepat untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan yang berasal dari empat konsensus dasar bangsa. Upaya penguatan nilai kebangsaan ini juga merupakan bentuk tanggung jawab moral dalam menghadapi berbagai persoalan nasional, termasuk optimalisasi jaringan yang dimiliki Smandel Business Network dan peran BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Deputi Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan, Laksda TNI Edi Sucipto, memberikan laporan tentang kegiatan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Smandel Business Network (SBN) dan BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan ini diikuti oleh 89 peserta, terdiri dari 63 peserta dari SBN, 25 peserta dari BPJS Ketenagakerjaan, dan satu peserta dari Lemhannas.

Baca juga:  Tragedi Mematikan: 10 Korban Jiwa Akibat Merebaknya Wabah Kolera di Afrika Selatan

“Kegiatan yang akan berlangsung selama satu minggu ini akan mencakup materi mengenai implementasi nilai-nilai kebangsaan yang disampaikan oleh pembicara dari Lemhannas dan dari luar, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Energi, yang juga merupakan alumni PPRA 40 Prof Dr.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait