website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 2:47:54 WIB

Pemda Garut Dukung Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Garsel Guna Kesejahteraan Masyarakat

Garut | detikNews – Bupati Garut Rudy Gunawan mendapat kehormatan menerima kunjungan kerja Ketua Forum Koordinasi Rancangan Daerah (FORKODETADA) Jabar dan Forum Pengkajian dan Pengembangan Garut Selatan (FPPGS) di Ruang Pamengkang, Pendopo Garut , pada Rabu (03/05/2023). Kunjungan tim FORKODETA dan FPPGS dipimpin oleh Ketua FORKODETA, Holil Aksan Umarzen.

Selain kunjungan tim FORKODETA dan FPPGS, Bupati Garut juga menerima tamu kehormatan yaitu tokoh nasional yang pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Erman Suparno, yang datang ke membahas rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Garut bagian selatan atau Garsel.

Baca juga:  Kolaborasi Inovatif: Hong Kong dan Arab Saudi Bergandengan Tangan dalam Proyek Tokenisasi Pembayaran

Bupati Garut, Rudy Gunawan menjelaskan, terkait gagasan besar yang disampaikan Erman Suparno, pihaknya perlu melalui beberapa tahapan, salah satunya adalah mengajukan usulan terkait apa yang akan dilakukan di kawasan Garsel. Pemerintah Daerah Garut siap memberikan dukungan atas rencana ini dan akan berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah selatan Garut.

“Jadi intinya pertemuan hari ini beliau menjelaskan bagaimana Garut selatan bisa maju. Ini yang bisa dilakukan. Perlu ada kajian dan sebagainya, (intinya) pemda perlu membuktikan bahwa mendukung prakarsa yang baik ini,” kata Bupati Garut.

Baca juga:  Festival Ramadan Nusa Jaya: Memeriahkan Bulan Suci dengan Kegiatan Positif dan Dukungan UMKM Lokal

Sementara itu, Erman Suparno menyatakan bahwa pengembangan KEK di Garut selatan merupakan keinginan masyarakat yang dipimpin oleh FORKODETA untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Garut di bagian selatan.

“Makanya saya datang ke sini untuk berdiskusi dengan Bupati dan ketua forum. Potensi yang disampaikan tadi, ternyata potensinya sangat besar, jadi sayang kalau tidak dikembangkan,” kata Erman.

Berdasarkan pemaparannya dapat disimpulkan bahwa program yang kemungkinan akan dikembangkan di KEK Garsel adalah pada segmen pariwisata, mulai dari agrowisata, wisata bahari, dan masih banyak lagi lainnya. Di tempat yang sama, Ketua FORKODETA Holil Aksan Umarzen mengatakan, rencana pembangunan KEK di Garut selatan mendapat respon positif dari Bupati Garut. Lebih lanjut ia menambahkan, timnya juga mendapat dukungan dari Erman Suparno yang juga tokoh nasional di Indonesia.

Baca juga:  Tragedi di UI: Pembunuhan Mahasiswa Menyoroti Pentingnya Manajemen Risiko dalam Investasi Crypto

“Pertama, saya berterima kasih kepada Bupati yang telah membiayai gagasan KEK di Garut Selatan untuk perencanaan, master plan, studi benchmarking, desain, dan segala sesuatunya, sehingga menjadi berkas usulan ke tingkat pusat melalui rekomendasi tersebut. Jadi, Jawa Barat juga sudah mulai merespon dengan baik dan pemerintah pusat juga sudah merespon dengan baik,” pungkasnya. (NW)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait