website statistics
28.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 13:01:23 WIB

Pemerintah Kota Depok Berupaya Mencapai Predikat Kota Sehat Wistara Tahun 2023

Depok | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memiliki tujuan yang mulia untuk meraih predikat Kota Sehat kategori Wistara pada tahun 2023.Tim Verifikator Kabupaten/Kota Sehat tingkat nasional melakukan verifikasi lanjutan secara virtual-hybrid dengan Kota Depok, Senin (23/07/23)

Para peserta dari Kota Depok, termasuk Wali Kota Mohammad Idris, Ketua Forum Kota Sehat Kota Depok, Elly Farida, Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri, dan perwakilan pimpinan Perangkat Daerah (PD) serta stakeholder lainnya, mengikuti kegiatan tersebut secara virtual dari dua lokasi, yaitu Ruang Edelweis dan Ruang Teratai di Balai Kota Depok.

Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, memaparkan tentang dokumen keberhasilan dan penyelenggaraan program Kota Sehat di Depok.

Sebelumnya, berdasarkan hasil penilaian verifikasi sementara oleh Tim Pembina Kota Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat, capaian Tatanan Kota Depok mencapai 96,79 persen.

Baca juga:  DPRD Kota Depok Akan Gelar Rapat Paripurna LKPJ Realisasi APBD 2023

Penilaian meliputi sembilan tatanan, seperti Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Permukiman dan Fasilitas Umum, Satuan Pendidikan, Pasar, Tempat Pariwisata, Transportasi dan Tertib Lalu Lintas, Perkantoran dan Perindustrian, Perlindungan Sosial, serta sembilan Penanggulangan Bencana.

Kota Depok telah membentuk beberapa lembaga kolaborasi kelembagaan, termasuk Forum Kota Sehat (FKS), Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), dan Kelompok Kerja (Pokja) Sehat yang ada di 63 kelurahan. Keberadaan lembaga-lembaga ini telah diakui dengan Surat Keputusan (SK).

Selain itu, Kota Depok juga melakukan kolaborasi kelembagaan dengan Universitas Indonesia (UI) dalam penanganan stunting, serta dengan IUWASH Tangguh dan Baitul Maal untuk penyelenggaraan sanitasi aman dan pengumpulan zakat.

Baca juga:  Polisi Dalam Penyelidikan Mendalam Terhadap Fenomena Heboh Babi yang Mondar-mandir Depan Rumah Warga di Depok

Meski Pemkot Depok menghadapi beberapa tantangan, seperti tingginya migrasi penduduk yang membawa masalah impor, serta Rencana Pembangunan Industri Kota Depok yang belum memiliki bentuk Peraturan Daerah (Perda), mereka tetap berkomitmen untuk menerbitkan regulasi yang diperlukan guna memperkuat tatanan Kota Sehat di Depok.

Wali Kota Kiai Idris menyatakan bahwa Kota Sehat Wistara di Depok dapat terwujud berkat dukungan regulasi dan kelembagaan dari pemerintah daerah (kota dan provinsi), pemenuhan sumber daya, kolaborasi Pentahelix, serta upaya inovatif sebagai langkah percepatan.

Dia optimistis bahwa Kota Depok akan meraih kembali penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara.

Dalam verifikasi lanjutan ini, Pemkot Depok berjanji akan menyempurnakan beberapa dokumen untuk memenuhi persyaratan dari Tim Verifikator Pusat, agar data tentang Kota Sehat Wistara menjadi lebih baik.

Baca juga:  Politisi PKB Depok, Fahmi Khaidir: Membangun Demokrasi Berkualitas dan Pemilih Bijak Menuju Pemilu 2024

Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Depok, Elly Farida, menyatakan kesiapannya untuk membantu Pemkot Depok dalam mempertahankan predikat Kota Sehat Swasti Saba Wistara dari Kemenkes RI pada tahun 2023.

Dia mengakui bahwa selama ini telah dilakukan komunikasi, koordinasi, monitoring, dan evaluasi, serta berbagai upaya lainnya, baik dari atas (top-down) maupun dari bawah (bottom-up) untuk mendukung program Kota Sehat di Kota Depok, termasuk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan pemenuhan berbagai persyaratan Kota Sehat.

Dengan kolaborasi dan kesungguhan dari seluruh pihak terkait, diharapkan Kota Depok dapat tetap menjadi Kota Sehat yang mendapat pengakuan dari Kementerian Kesehatan RI. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait