website statistics
25.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 10:18:15 WIB

Pemkot Bogor Sulap Motor Sampah Jadi Perpustakaan Keliling untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat

Bogor | detikNews – Kelurahan Menteng dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor menyulap Sepeda Motor Bekas (Mosam) bekas menjadi perpustakaan keliling. Pemerintah Kota Bogor menginisiasi program ini sebagai salah satu cara untuk memasyarakatkan literasi dan menyediakan akses bahan bacaan bagi masyarakat.

Mosam yang sudah tidak terpakai sejak 2017 di Kelurahan Menteng dibersihkan dan didesain ulang untuk menampung buku-buku dan menyediakan ruang baca untuk anak-anak. Selama bulan Ramadan, perpustakaan keliling keliling kawasan Kelurahan Menteng dan Taman Manunggal di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Begitu mobil perpustakaan keliling tiba di Taman Manunggal pada Sabtu (1/4/2023), anak-anak langsung bergegas ke tempat duduk yang disediakan dan dengan semangat memilih sendiri buku yang akan dibaca. Pustaka keliling ini menjadi tempat favorit anak-anak selama bulan Ramadan untuk menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Baca juga:  Pemkot Bogor Siap Mengembangkan Kawasan Empang Menjadi Arabian Town

Bima Arya, Wali Kota Bogor, mengapresiasi inisiatif tersebut dan menyoroti pentingnya memasyarakatkan literasi. “Ini ide bagus untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dan sepeda motor ini tetap bisa digunakan,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Wali Kota Bima Arya juga memberikan Takjil, makanan kecil untuk berbuka puasa, kepada anak-anak yang sedang membaca.

Sementara itu, Arief R. Badrudin, Kepala Kelurahan Menteng menjelaskan, program ini dirintis setelah meninjau Mosam yang tidak terpakai. Unit masyarakat setempat (LPM) kemudian berkolaborasi untuk mengubahnya menjadi perpustakaan keliling sebagai cara untuk mempromosikan literasi.

Baca juga:  Konsisten Bentuk Karakter Siswa Islami, Disiplin dan Bertanggungjawab, SMP Islam Taufiqurahman Gelar Sanlat Ramadhan 1443H

“Buku-buku ini ada beberapa sumbangan dari masyarakat ditambah juga ada dari komunitas kampus, dari perpustakaan juga ada,” kata Arief, menunjukkan bahwa buku-buku itu disumbangkan dari berbagai sumber.

“Dengan diresmikannya Taman Manunggal, kami tempatkan sementara perpustakaan keliling ini di sini. Karena tempat ini populer untuk anak-anak, mereka bisa membaca buku sambil menunggu waktu berbuka dan bermain,”tambahnya.

Pengelolaan perpustakaan keliling tersebut dibantu oleh Karang Taruna Menteng, karang taruna setempat.

Baca juga:  Pemkot Bogor Bersama PT SEG dan PT KTP Sepakat Bangun Kantor Pemerintahan Baru dan Akses Jalan

Juna, Ketua Karang Taruna Menteng, menjelaskan bahwa organisasi ini membantu menyebarkan kesadaran tentang perpustakaan keliling kepada masyarakat setempat.

“Untuk memastikan kesinambungan program ini, kami bekerja sama dengan masyarakat setempat, RT/RW, dan pemuda untuk mensosialisasikan keberadaan perpustakaan keliling ini,” ujar Juna.

Sebagai bagian dari upaya mereka untuk mempromosikan literasi, mereka juga membagikan selebaran tentang perpustakaan keliling, yang dapat digunakan oleh anak-anak secara gratis. Juna mencatat, anak-anak dan orang tua antusias dengan perpustakaan keliling, terutama pada hari libur ketika mereka memiliki lebih banyak waktu luang. (Fq)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait