website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 12:17:21 WIB

Penertiban Lebih Aman: KAI Tertibkan Puluhan Bangunan Liar di Sekitar Kawasan Pasar Senen untuk Keselamatan Perjalanan Kereta Api

Jakarta | detikNews – PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan penertiban bangunan liar dan pembersihan lintasan sepanjang 500 meter dari Km 7+000 hingga Km 7+500 antara Stasiun Pasar Senen dan Gang Sentiong. Tujuan dari penertiban ini adalah untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta api.

Kegiatan penertiban dan pembersihan lintasan ini dilaksanakan pada Kamis (20/7/2023) dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan. Sebanyak 50 bangunan liar yang berada di jalur tersebut telah ditertibkan oleh 130 orang personil dari gabungan unit kerja Daop 1 Jakarta. Selain itu, petugas juga membersihkan sampah-sampah yang mengganggu jalur kereta api agar perjalanan KA tetap aman.

Baca juga:  Begini Cara Mengamati Gerhana Matahari Hibrida 20 April dengan Aman dan Tepat!

Feni Novita Saragih, Pelaksana Harian Humas Daop 1 Jakarta, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah dan membakarnya di area jalur kereta. Hal ini penting untuk menghindari gangguan dan potensi kebakaran serta banjir saat hujan turun.

Selain itu, KAI Daop 1 Jakarta juga menegaskan larangan beraktivitas di jalur kereta api sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Setiap orang dilarang berada di jalur kereta api, menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel, serta menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain selain angkutan kereta api.

Baca juga:  Acara Pisah Sambut Lurah Utan Panjang, Suasana Haru dan Kekeluargaan

Dalam upaya mencapai keselamatan dan keamanan bersama, KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat sekitar jalur kereta api. Mereka juga melakukan sosialisasi keselamatan kepada warga masyarakat dan pelajar di sekolah yang berdekatan dengan jalur rel.

KAI Daop 1 Jakarta mengapresiasi peran aktif masyarakat dalam menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api sebagai transportasi publik. Masyarakat diimbau untuk melaporkan kegiatan yang mencurigakan dan membahayakan di sekitar jalur rel melalui petugas di stasiun terdekat atau melalui Contact Center 121 line (021) 121, Layanan pelanggan [email protected], dan Sosial Media @keretaapikita @kai121_.

Baca juga:  Panduan Lengkap: Cara Beli Tiket MRT Online dan Offline dengan Mudah

Dengan tindakan penertiban dan sosialisasi yang dilakukan, diharapkan perjalanan kereta api akan semakin aman dan nyaman bagi para penumpang serta masyarakat yang tinggal di sekitar jalur kereta api.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait