website statistics
22.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 6:42:32 WIB

Pengertian dan Jenis Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan serta Perbedaannya

Jakarta | detikNews – Gerhana matahari dan gerhana bulan adalah fenomena alam yang langka dan menakjubkan. Kedua jenis gerhana ini terjadi saat matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis yang sama atau posisi sejajar. Meskipun kedua jenis gerhana ini terjadi karena peristiwa yang serupa, namun ada perbedaan signifikan antara keduanya, Rabu (3/4/2023).

Gerhana matahari terjadi ketika bulan tepat berada di antara bumi dan matahari sehingga bayangan bulan jatuh ke sebagian permukaan bumi. Sementara itu, gerhana bulan terjadi ketika sebagian atau keseluruhan bulan tertutup oleh bayangan bumi. Pada gerhana bulan, cahaya matahari terhalang oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Baca juga:  Bus Wisata TransJ: Popularitasnya Melonjak Saat Libur Lebaran

Gerhana matahari memiliki empat jenis, yaitu gerhana matahari total, sebagian, cincin, dan hibrida. Gerhana matahari total terjadi saat piringan matahari tertutup seluruhnya oleh piringan bulan. Gerhana matahari sebagian terjadi ketika bulan menutupi hanya sebagian matahari. Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan berada pada titik terjauh dari bumi dan terlihat seperti bentuk cincin. Sedangkan gerhana matahari hibrida terjadi ketika bulan teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari di suatu tempat tertentu dan sama dengan piringan matahari di tempat tertentu lainnya.

Baca juga:  Anggota Komisi V DPR RI Ingatkan Pemerintah Untuk Mematuhi Aturan Persyaratan operasional KCJB

Sementara itu, gerhana bulan memiliki tiga jenis, yaitu gerhana bulan total, sebagian, dan penumbra. Gerhana bulan total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat di satu garis yang sama. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sebagian permukaan bulan berada di daerah penumbra, sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan. Sementara itu, gerhana bulan penumbra terjadi ketika seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra dan bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram atau sedikit gelap.

Baca juga:  Berkeliling Pameran Otomotif IIMS 2023 Selama 2 Jam, Presiden Jokowi Harapkan Kerjasama Intens Terkait Mobil Listrik

Kesimpulannya, gerhana matahari dan gerhana bulan adalah fenomena alam yang menakjubkan dan langka. Kedua jenis gerhana ini terjadi karena peristiwa yang serupa, namun memiliki perbedaan signifikan. Gerhana matahari terjadi saat bulan tepat berada di antara bumi dan matahari, sementara gerhana bulan terjadi saat bumi berada di antara matahari dan bulan. Masing-masing jenis gerhana juga memiliki beberapa jenis, yang masing-masing memiliki ciri khas dan proses terjadinya yang berbeda. Semua jenis gerhana ini merupakan fenomena alam yang menakjubkan dan patut disaksikan.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait