website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 19:00:16 WIB

Perkuat Struktur dan Nilai-Nilai Organisasi, GRIB JAYA Kota Depok Targetkan Menjadi Mitra Kemasyarakatan yang Terpercaya

Depok | detikNews – Bertempat di Sekretariatnya Bedahan Baru RT03/RW05, Sawangan, Kota Depok Organisasi Masyarakat Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) guna melakukan pembentukan Pengurus Anak Cabang (PAC) serta melakukan konsolidasi penguatan struktural pengurus internal organisasinya.

Turut hadir dalam acara tersebut Gen Asmit Rian selaku Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC GRIB) Kota Depok, Supriyanus selaku Ketua PAC GRIB Pancoran Mas,serta Opick Doel selaku Aktivis Lingkungan yang juga salah seorang pengurus PAC GRIB Pancoran Mas.

“Tujuan dari pembentukan PAC dan pengurus Kecamatan ini adalah untuk melaksanakan perintah organisasi sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) pada setiap DPC/Kabupaten/Kota. Oleh karena itu, setiap DPC diwajibkan untuk membentuk PAC di wilayahnya masing-masing”, jelas Gen pada Selasa, 6/6/2023 malam.

“Langkah ini berkaitan dengan pendelegasian PAC Panmas untuk memimpin wilayah Pancoran Mas, agar tujuan dan sasaran organisasi dapat tercapai sesuai harapan bersama, terutama dalam bidang Agama, Ekonomi, Sosial, dan Budaya. Oleh karena itu, fokus perjuangan kita di DPC GRIB JAYA DEPOK adalah : Bekerjasama dengan TNI dan Polri dalam membangun karakter manusia yang beradab, menciptakan peluang-peluang ekonomi kerakyatan, menghormati budaya masyarakat yang ada, serta berpartisipasi dalam membantu sesama warga negara dalam hal kebaikan,” ucap Gen.

Baca juga:  Jelang Ramadhan: Badan Wakaf Al Quran Bumikan Al Quran di Alun-Alun Depok
Gen Asmit Rian, Ketua DPC GRIB Jaya.(Foto : detikNews.co.id)

Sementara itu, Opick Doel menyebut, bahwa dalam setiap organisasi kemasyarakatan yang ada pastinya dibentuk berdasarkan niat baik. Namun, tidak sedikit juga organisasi yang berujung mengarah kepada kepentingan pribadi atau golongan. Untuk itu dirinya berharap, agar struktural kepengurusan GRIB JAYA Kota Depok yang telah terbentuk, mampu terus konsisten berjalan serta berjuang bersama masyarakat menuju kemashlatan bersama.

“Pertemuan ini menjadi momen penting untuk mengkonsolidasikan struktur kepengurusan dan memastikan kesinambungan aktivitas organisasi. Dengan menjaga fokus pada tujuan dan sasaran organisasi, GRIB JAYA Kota Depok dapat memberikan kontribusi yang positif dalam membangun komunitas yang kuat dan berdaya. Keberadaan GRIB JAYA diharapkan mampu memperkuat sinergi antara masyarakat dan pemerintah dalam mencapai kemashlatan bersama”, ucap Opick.

“Melalui Rapat Koordinasi ini, saya berharap bahwa GRIB JAYA Kota Depok dapat terus berkembang dan menjadi kekuatan yang positif dalam memajukan masyarakat. Dengan memperkuat struktur internal, kita akan mampu berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan komitmen yang kuat untuk melayani masyarakat dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan. GRIB JAYA Kota Depok memiliki potensi yang besar untuk memberikan dampak positif dan berkelanjutan dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan budaya khususnya di wilayah Kota Depok”, imbuhnya.

Baca juga:  Sambut Antusias Giat Nasional di Cirebon, Srikandi GRIB Jaya DPC Kota Depok Siap Sukseskan Acara dan Menjadi Inisiator Pembinaan Perempuan

Opick Doel menggarisbawahi pentingnya menjaga niat baik dalam organisasi kemasyarakatan. Meskipun tujuan awal pendirian organisasi adalah untuk berkontribusi positif bagi masyarakat, terkadang beberapa organisasi dapat terjerumus dalam kepentingan pribadi atau golongan. Oleh karena itu, Opick Doel berharap struktur kepengurusan GRIB JAYA Kota Depok yang telah terbentuk dapat terus menjaga konsistensi, integritas, dan dedikasi dalam menjalankan tugasnya. Hal ini penting agar GRIB dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan oleh masyarakat dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama.

“Melalui penekanan pada pentingnya menjaga niat baik, konsistensi, integritas, dan dedikasi dalam organisasi kemasyarakatan, GRIB JAYA Kota Depok dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan oleh masyarakat dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama”, jelas Opick.

“Perlu adanya mekanisme pengawasan dan akuntabilitas yang jelas dalam struktur kepengurusan. Dengan mengimplementasikan mekanisme ini, setiap anggota organisasi dapat bertanggungjawab atas tindakan dan keputusan yang diambil. Hal ini akan mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan atau manipulasi untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu. Selain itu, mekanisme ini juga memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil oleh GRIB JAYA Kota Depok selaras dengan nilai-nilai organisasi dan berkontribusi secara positif kepada masyarakat”, ungkapnya.

Baca juga:  Banjir Kembali Melanda Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Cianjur, Ratusan Rumah Terendam dan Jembatan Desa Putus

“Kedepan, GRIB JAYA Kota Depok perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap kinerja dan capaian organisasi. Dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan, organisasi dapat melakukan perbaikan yang continue untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerjanya. Evaluasi ini juga akan membantu dalam menjaga fokus pada tujuan utama organisasi dan memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan selaras dengan visi dan misi yang telah ditetapkan”, tandasnya.

Opick Doel, pengurus GRIB JAYA Depok dan juga seorang Aktivis Lingkungan.(Foto : detikNews.co.id)

Opick menilai, bahwa dengan mengimplementasikan langkah-langkah tersebut, GRIB JAYA Kota Depok dapat membangun organisasi yang kuat, profesional, dan berintegritas tinggi. Hal ini akan menjadikan GRIB JAYA Kota Depok sebagai mitra yang dapat diandalkan oleh masyarakat dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait