website statistics
27.4 C
Indonesia
Wed, 22 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Wednesday, 22 May 2024 | 10:23:00 WIB

Plt Bupati Pemalang “Investor Australia Datang ke Pemalang Untuk Menyelesaikan Permasalahan Sampah”

Pemalang | detikNews – Adalah Ade Siti dari tim Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia menyampaikan bahwa seluruh jenis sampah 99 persen jenisnya bisa diolah menjadi briket.

“Briket ini kering untuk mengganti energi yang terbaru yaitu kita akan bisa komunitaskan untuk konsumen didalam negeri dan juga bisa ekspor,” jelasnya.

Ade juga menyampaikan bahwa Kerjasama ini dari investor Australia dan perusahaan lokalnya PT. Avaniel Bintang Energi Indonesia, kemudian untuk luas pabriknya sekitar 5 hektar. ”Jenis Briket ini tidak basah (kering) jadi bisa digunakan untuk energi,” pungkas Ade.

Dalam kesempatan kali ini Plt Bupati Pemalang menyampaikan bahwa Investor Australia melalui PT. Avaniel Bintang Energi Indonesia juga menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam menyelesaikan pengelolaan sampah menjadi briket yang akan diekspor ke luar negeri termasuk Australia dan negara lain. Hal itu dijelaskan Mansur Hidayat usai menerima tamu investor Australia di Ruang Peringgitan Kantor Bupati Pemalang, Kamis (24/8/2023).

Baca juga:  Pengurus PD PKB Pemuda Pujakesuma Asahan Resmi Dilantik, Gubsu Minta Tingkatkan Kreativitas UMKM Melalui Dana KUR

Lebih lanjut Mansur Hidayat menjelaskan “Investor Australia datang ke Pemalang untuk menyelesaikan permasalahan sampah, bagaimana sampah yang ada akan diolah menjadi briket sampah yang nanti akan di ekspor ke luar negeri termasuk Australia dan negara lain,” ujar Mansur Hidayat.

Menurut Mansur Hidayat hal ini menjadi salah satu solusi terbaik, dan selanjutnya Pemerintah Daerah bisa melakukan untuk jangka menengah karena butuh surat perjanjian, konstruksi dan butuh waktu sekitar 10 sampai 11 bulan ke depan untuk bisa diproduksi.
“Mudah-mudahan secepatnya pihaknya melakukan MOU dengan investor Australia,”.

Baca juga:  Wakil Wali Kota Bogor: Orang Tua Dilarang Mengubah Data Alamat Rumah demi Menyukseskan Sistem Zonasi Pendaftaran Sekolah

Untuk lokasinya secara teknisnya masih dikaji terlebih dahulu kalau namanya industri berarti harus di zona industri dan harapannya sampah yang ada sekarang di sekitar lokasi sampah itu. Sehingga nanti biaya transportnya tidak terlalu mahal. ”Kalau secara perda tidak diizinkan, nanti mencari tempat yang tidak jauh dari lokasi sampah yang ada sekarang, karena nantinya sampah itu juga bisa diolah dan nanti sampah yang baru bisa langsung ke tempat industri yang sudah disediakan,” jelas Mansur Hidayat.

Baca juga:  Investasi Revolusioner: Volcano Energy Mengamankan $250 Juta untuk Penambangan Bitcoin di El Salvador

Untuk TPA baru, Mansur Hidayat mengatakan ada lokasi di sekitar Semingkir tanah milik PTPN. Sehingga nanti akan dilakukan kerjasama dengan PTPN dan harapannya bisa disetujui.

“Karena itu tanahnya PTPN, nanti akan kita mintai kerjasama dan harapannya bisa disetujui,” pungkas Mansur Hidayat. (Eko B Art)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait