website statistics
29.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 16:06:35 WIB

Strategi Unik Yoyo Effendi dan SAKA, Dukung Kemenangan Kaesang Pangareb dalam Pilkada 2024

Depok | detikNews – Dalam rangka mendukung kemenangan Kaesang Pangareb pada Pilkada serentak tahun 2024, Yoyo Effendi, mantan Komisioner KPU Kota Depok, melakukan konsolidasi dengan simpul-simpul masyarakat pendukung Kaesang Pangareb, Rabu malam (02/08/2023).

Yoyo mengunjungi Team relawan Sahabat Kaesang (SAKA) di Kecamatan Sukmajaya. Di depan puluhan relawan Sahabat Kaesang, Yoyo kembali menyatakan komitmennya untuk menggunakan pengalamannya sebagai mantan Komisioner KPU Kota Depok dan mantan anggota Panwas Pilkada pertama di Jawa Barat guna memenangkan Kaesang Pangareb.

Yoyo berusaha membuktikan komitmennya dengan menyebarkan pengetahuannya tentang strategi seorang kandidat untuk keluar sebagai pemenang dalam pemilihan Kepala Daerah. Dalam acara tersebut, Yoyo menjelaskan bahwa ada dua jalur yang dapat ditempuh oleh pasangan calon Kepala Daerah untuk meraih kemenangan, yaitu jalur politik dan jalur hukum.

Baca juga:  Kontinuitas Rencana Pembangunan: Prabowo Berkomitmen Melanjutkan Program Jokowi dalam Penanggulangan Kemiskinan dan Stunting

Jalur politik berfokus pada memperoleh suara terbanyak pada saat pemungutan suara, serta mengamankan hasil suara tersebut dari potensi manipulasi data dan angka yang mungkin dilakukan oleh pihak lawan atau oknum penyelenggara yang telah terkondisikan oleh pihak lawan.

Sementara itu, jalur hukum berkaitan dengan bagaimana seorang calon kepala daerah dapat menjadi pihak yang ditetapkan sebagai pemenang oleh Mahkamah Konstitusi ketika hasil pemilihan dipersengketakan oleh pihak yang kalah.

“Tentang bagaimana caranya memperoleh suara terbanyak itu tugas pokok Team Pemenangan mengerahkan seluruh kemampuannya menawarkan pasangan calonnya kepada masyarakat sehingga tertarik, simpatik, dan jatuh cinta lalu pada akhirnya menjatuhkan pilihan kepada pasangan calon tersebut,” ujar Yoyo.

Baca juga:  Kang Deka Ungkapkan Rasa Syukur Meraih Kemenangan

Lebih detail di ulaskannya, dan adapun untuk memenangkan sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi kuncinya adalah kelengkapan alat bukti hasil pemilu berupa dokumen-dokumen tertulis terkait seluruh tahapan pemilu. Mulai dari tahapan pendaftaran pemilih sampai tahapan pemungutan, penghitungan, penetapan perolehan suara dan penetapan pasangan calon terpilih.

“Ketika sengketa pemilu terjadi dan diperjuangkan di Mahkamah Konstitusi, kelengkapan alat bukti seperti surat dan saksi-saksi akan menjadi penentu kemenangan dalam sengketa tersebut,” beber Yoyo.

Ditempat yang sama, Ketua Sahabat Kaesang (SAKA) Kota Depok, Yopi Setiabudi, menyambut baik kehadiran Yoyo Effendi dalam perjuangan SAKA. Yopi menyatakan bahwa kehadiran Yoyo membawa amunisi baru berupa banyak ide dan gagasan yang dapat menjadi masukan berharga bagi SAKA, terutama dalam hal pemahaman aturan main di KPU dan Panwas yang sebelumnya kurang dipahami oleh Team SAKA.

Baca juga:  Keren RW 07 Mekarjaya Punya Taman Wisata, Ini Fasilitasnya?

“Sosok pak Yoyo paham akan aturan main di KPU dan Panwas, tentu ini juga menjadi masukan tersendiri bagi kami, dimana kami buta akan hal itu,” ucap Yopi.

Menurut dia, dengan dukungan dan kehadiran Yoyo, semangat Team Sahabat Kaesang (SAKA) Kota Depok tentu akan semakin meningkat dalam upaya memperjuangkan Kaesang Pangareb untuk menjadi Walikota Depok pada Pilkada mendatang.

“Dengan hadirnya pak Yoyo kami tentu akan lebih semangat lagi dalam memperjuangkan Kaesang untuk dapat menjadi Walikota Depok,”tandasnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait